iPad 2018 vs iPad Pro Original, Mana yang Lebih Baik?

Apple sukses merilis iPad terbaru dengan harga yang terbilang sangat murah. Meskipun demikian, iPad 2018 ini punya banyak sekali fitur unggulan. Selain spesifikasi kelas atas, iPad terbaru ini juga support Apple Pencil, yang sebelumnya cuma ada di iPad Pro saja.

Berhubung pengguna iPad Pro ini kebanyakan adalah mereka yang membutuhkan spesifikasi tinggi dan juga akses menggunakan Apple Pencil, sangat menarik untuk menantikan kiprah iPad 2018 ini di pasaran jika dibandingkan dengan iPad Pro.

Pasalnya, harga iPad Pro bisa dibilang dua kali lipat jika dibandingkan dengan iPad 2018 terbaru ini. Nah karena sama-sama memiliki spesifikasi tinggi dan dukungan Apple Pencil, mana yang harusnya kamu pilih?

Berikut ini adalah perbandingan singkat antara iPad Pro original dengan iPad 2018 terbaru dari Apple Insider yang menarik untuk kamu simak.

 

Dimensi

iPad Pro original hadir dengan dua ukuran, yaitu 9.7 inch dan juga 12.9 inch. iPad 2018 hanya hadir dengan ukuran 9.7 inch, sama seperti iPad Pro 9.7 inch dan juga lini iPad Air. Selain itu, resolusi layar iPad 2018 ini juga terbilang sama dengan iPad Pro dengan 2048 x 1536.

iPad 2018 vs iPad Pro Original, Mana yang Lebih Baik?

 

Kinerja

Spesifikasi dapur pacu dari iPad 2018 ini ternyata jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan iPad Pro original. Ya, hal ini tak lepas dari dukungan prosesor Quad-core A10 Fusion. Meskipun memiliki memori RAM cuma 2GB, namun hasil Geekbench benchmark membuktikan mampu mengalahkan kinerja iPad Pro 12.9 yang memiliki memori RAM 4GB.

iPad 2018 vs iPad Pro Original, Mana yang Lebih Baik?

 

Kamera

Kamera di tablet memang tidak sepopuler kamera di smartphone. Namun bukan berarti ini adalah alasan agar tidak menyematkan kamera yang bagus untuk iPad. Terbukti iPad 2018 juga memiliki kamera yang tidak kalah jauh dengan iPad Pro.

iPad 2018 vs iPad Pro Original, Mana yang Lebih Baik?

Dengan kamera 8MP, kamera iPad 2018 tidak kalah jauh dengan kamera kedua iPad Pro original tersebut. Meskipun demikian, pengguna harus puas dengan ketiadaan lampu Flash sebagai penunjang pencahayaan. Kamera depan juga dibekali dengan resolusi 1.2MP, kalah dengan iPad Pro 9.7 inch yang sudah 5MP.

 

Konektivitas

Fitur konektivitas di iPad 2018 ini sebenarnya sama persis dengan iPad Pro original. Satu-satunya perbedaan hanyalah dukungan Smart Connector yang berfungsi untuk menghubungkan iPad dengan Smart Keyboard. Jadi meskipun iPad bisa menggunakan Apple Pencil seperti iPad Pro, namun tidak dengan Smart Keyboard karena tidak mendukung Smart Connector.

iPad 2018 vs iPad Pro Original, Mana yang Lebih Baik?

 

Kesimpulan

Menurut saya, iPad 2018 ini adalah iPad terbaik jika kamu hanya memiliki dana terbatas. Dengan harga yang terbilang murah, kamu bisa mendapatkan sebagian besar fitur iPad Pro, seperti spesifikasi tinggi hingga dukungan Apple Pencil. Meskipun begitu, harga dan ketersediaan di Indonesia masih belum jelas.

Namun kamu harus ingat, iPad Pro yang dipakai dalam perbandingan kali ini adalah iPad Pro generasi pertama, dan bukan iPad Pro terbaru. Tentu saja iPad Pro terbaru unggul dalam segala hal jika dibandingkan dengan iPad 2018 terbaru yang dibanderol dengan harga murah.

Bagaimana menurutmu mengenai iPad 2018 ini? Keren kan?

via Apple Insider

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.