Bikin CPU Mac Sendiri, Apple Siap Tinggalkan Intel?

Apple memang pernah menggunakan prosesor buatan mereka sendiri ke komputer dekstop buatan Apple di era PowerPC dulu. PowerPC sendiri adalah prosesor hasil kolaborasi Apple dengan IBM dan Motorola. Namun Apple memilih untuk beralih ke Intel untuk komputer Mac dan MacBook hingga kini.

Namun bukan berarti hasrat Apple untuk merancang prosesor sendiri di komputer desktop juga hilang. Dilansir dari Bloomberg, kini Apple dikabarkan siap untuk merancang prosesor Mac sendiri dan siap meninggalkan Intel.

Tentu saja proses ini masih butuh waktu lebih lama lagi. Setidaknya, perlu waktu hingga tahun 2020 mendatang bagi Apple untuk merilis komputer Mac pertama dengan prosesor hasil rancangan sendiri.

Merancang prosesor sendiri sebenarnya bukan hal baru bagi Apple. Mereka juga sukses merancang CPU dan GPU sendiri untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch yang terbilang sangat sukses menjadi yang terbaik di era dan kelasnya. Selain itu, ada juga prosesor Apple Watch dan Apple TV yang merupakan rancangan Apple sendiri.

Namun seperti biasa pula, Apple butuh pihak ketiga untuk bisa menyediakan pasokan serta proses perakitan untuk setiap produk yang dirancangnya sendiri. Masih belum jelas siapa yang akan menjadi rekanan Apple dalam memproduksi prosesor Mac terbaru ini.

Masih belum jelas pula alasan mengapa Apple ingin beralih ke prosesor sendiri dan bukannya tetap bertahan dengan Intel. Seperti yang kita ketahui, Intel kini adalah raja dari prosesor komputer desktop di dunia, dan kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat dari prosesor rancangan Apple sendiri adalah tentu saja bisa dioptimalkan Apple sesuka hati dengan barbagai hardware lain dan software buatan Apple juga. Mungkin Apple ingin membawa “manfaat” tersebut ke Mac, seperti halnya yang telah terjadi di perangkat iOS, watchOS, dan tvOS.

via Bloomberg

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.