iOS 11.3 Beta 2 Rilis Fitur “Battery Health” Untuk Pantau Kondisi Baterai iPhone

Apakah kamu sudah membaca tentang skandal Cambridge Analytica yang menyeret Facebook? Dari peristiwa tersebut terungkap bahwa ternyata orang dapat memperoleh informasi tentang kita dengan sangat mudah hanya berdasarkan data kita selama menggunakan Facebook. Jika kamu belum mengetahuinya, kolega saya dari Winpoin, Kiki, sudah membuat artikel yang sangat bagus tentang itu dan perlu kamu baca: Skandal Cambridge Analytica hingga Gerakan #DeleteFacebook. Akibat skandal tersebut, banyak orang mengkhawatirkan privasinya. Namun jika kamu adalah pengguna iPhone, ternyata kamu tidak perlu khawatir. Sistem perizinan aplikasi di iPhone menjadikan Facebook lebih sulit untuk mengumpulkan data kamu melalui perangkat Apple ini.

Hal tersebut diungkap oleh Dylan McKay, seorang blogger teknologi di Twitter. Dia mencoba men-download arsipnya dari Facebook. Kamu juga ingin mencoba melakukannya? Cek artikel: Cara Menghapus Akun Facebook dari Winpoin. Nah, dari arsip tersebut, terlihat ternyata juga ada semua riwayat telepon dari ponsel yang menggunakan Facebook tersebut!

Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh Sean Gallagher dari Ars Technica, yang mengungkap lebih lanjut bahwa memang ada ‘masalah’ dalam hal izin di Android:

Jika Anda memberikan izin untuk membaca kontak selama penginstalan Facebook di Android, beberapa versi yang lalu, secara spesifik sebelum Android 4.1 (Jelly Bean), izin tersebut juga memungkinkan Facebook mengakses log telepon dan SMS secara default. Struktur izin tersebut diubah pada API Android pada versi 16. Akan tetapi aplikasi Android sudah melakukan bypass terhadap perubahan ini jika sebelumnya mereka sudah memiliki izin tertulis dari API tersebut.

Google sebenarnya telah menyadari hal ini, namun karena terlalu banyak orang yang sudah menggunakan Android, maka sukar sekali untuk mengaplikasikan pemecahan ini untuk semua perangkat.

Kesimpulannya, iOS tidak pernah mengizinkan hal ini sejak awal. Ini adalah tipe penyalahgunaan yang tidak akan mungkin terjadi jika sejak awal kamu sudah menggunakan iPhone. Apple telah membangun semua lingkungan perangkat lunaknya untuk mencegah pelanggaran privasi seperti ini jauh sebelum terjadi.

 

Sumber: HowtoGeek, iMore

 

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.