Home Mac Tutorial: Cara Mudah Install Xcode di Mac dan MacBook

Tutorial: Cara Mudah Install Xcode di Mac dan MacBook

Tutorial: Cara Mudah Install Xcode di Mac dan MacBook

Xcode adalah salah satu tool development untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi di ekosistem Apple. Sebut saja aplikasi macOS, tvOS, watchOS, dan tentu saja aplikasi iOS untuk iPhone, iPad, dan juga iPod Touch.

Jadi untuk kamu yang ingin membuat aplikasi yang bisa digunakan di berbagai perangkat Apple, kamu wajib install Xcode. Memang banyak tool membuat aplikasi iOS di PC Windows atau bahkan juga mungkin di Linux, namun untuk urusan deploy kamu tetap harus menggunakan Mac yang sudah ada Xcode di dalamnya, karena di situlah ada iOS SDK.

Berbeda dengan tool development lain semisal Visual Studio di PC Windows maupun Android Studio (PC Windows, Linux, dan juga Mac), tutorial cara install Xcode bisa dibilang adalah yang paling mudah. Bahkan orang yang tidak punya banyak pengalaman dalam install software di PC atau Mac juga bisa melakukannya.

Untuk bisa install Xcode di komputer Mac dan MacBook, kamu bisa ikuti tutorial mudah berikut ini:

  1. Buka Mac App Store. Pastikan kamu sudah bisa mengakses App Store, termasuk juga penggunaan Apple ID untuk download aplikasi di App Store.
  2. Cari Xcode dengan cara ketik “Xcode” di kolom pencarian.
  3. Kamu akan menemukan Xcode di sana.
  4. Langsung saja tekan “Get” atau “Install” untuk menginstal Xcode ke komputer.
    Tutorial: Cara Mudah Install Xcode di Mac dan MacBook
  5. Tunggu hingga proses download dan install selesai, dan Xcode siap digunakan.
    Tutorial: Cara Mudah Install Xcode di Mac dan MacBook

Sudah? Cuma itu? Benar, install Xcode memang hanya semudah itu saja. Kamu tidak perlu melewati banyak proses next-next yang panjang, memilih tool tambahan untuk pengembangan yang membingungkan, dan lain sebagainya.

Tool yang kamu dapatkan dengan install Xcode ini juga terbilang sudah sangat lengkap. Di dalamnya sudah termasuk SDK untuk iOS, macOS, watchOS, tvOS, dan tool-tool lain yang dibutuhkan untuk pengembangan.

Bagaimana? Kamu sudah berhasil install Xcode ke komputer Mac dan MacBook?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Android P Makin Mirip iPhone X, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Hampir Fanboy | Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode