Seorang Anak Bikin iPhone Orang Tuanya Terkunci 47 Tahun

Produksi untuk iPhone X telah memenuhi ekspektasi (meskipun diturunkan jumlahnya untuk mengantisipasi turunnya permintaan), sehingga analis memberikan catatan baru kepada investor, bahwa dengan adanya pemenuhan kuota ini, ada kemungkinan Apple akan mempertimbangkan ulang peluncuran iPhone SE2 yang menarget kelas menengah.

Cowen dan analis Perusahaan Karl Ackerman memberikan catatan kepada investor, sebuah salinan yang diberikan kepada AppleInsider mengklaim bahwa penelitian terhadap rantai pasokan di Asia minggu lalu telah mendekati 53 juta unit iPhone X di awal 2018. Diperkirakan bahwa Apple akan berhasil memproduksi 52,5 juta unit sekitar bulan lalu (jika dihitung sejak periode produksi awal tahun).

Sementara unit secara keseluruhan tidak berubah, ekspektasi untuk iPhone X terus menurun. Produksi triwulan kedua hanya diberikan untuk 17 juta unit, turun dari prediksi bulan lalu sebesar 21 juta. Penurunan ini memang disengaja oleh Apple dengan mempertimbangkan laju penjualan iPhone X yang terus menurun.

Menuju ke kuartal kedua ini, momentum untuk iPhone secara keseluruhan masih berada di bawah ekspektasi perusahaan, dengan “pandangan yang lebih konkrit”, perusahaan telah memperkirakan produksi sebesar 42,5 juta unit. Ackerman menyatakan bahwa ini juga mencakup 9 juta unit iPhone X, yang mana sudah merupakan penurunan produksi dari harapan antara 13 dan 16 juta unit sebelumnya.

Catatan Cowen ini sejalan dengan beberapa analisis serupa lainnya dari para pengamat industri yang menyatakan bahwa iPhone mungkin tidak akan mempertahankan tingkat permintaan yang diharapkannya. Nomura Instinet yang diwakili Jeffrey Kvall juga mengisyaratkan bahwa ada ‘tanda-tanda kesulitan’ dalam permintaan iPhone. Ini merupakan lanjutan dari sentimen yang dikeluarkan oleh Ming-Chi Kuo dari KGI Januari lalu yang mengisyaratkan bahwa Apple harusnya mengurangi pesanan untuk perangkat tersebut.

Meskipun demikian, performa keuangan Apple tetap stabil, bahkan sempat mencapai titik puncaknya karena profit margin yang dahsyat pada iPhone X. Kesulitan nampaknya tidak akan dialami oleh mereka tahun ini, namun bisa saja terjadi jika tidak ada perbaikan sampai tahun depan. Taktik penurunan produksi yang dilakukan Apple cukup berhasil, sehingga untuk iPhone X, Apple berhasil memenuhi target penjualannya. Dengan adanya performa keuangan yang lancar tersebut, ada kemungkinan Apple akan membatalkan produksi iPhone SE2 yang santer kabarnya akan terjadi tahun ini.

 

Sumber: Apple Insider

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.