Inilah GrayKey, Alat Khusus untuk Jebol Passcode iOS

Siapa di antara kamu yang ingin bisa membuka passcode iPhone dengan cara yang sangat mudah? Mungkin kamu bisa menggunakan GrayKey, alat khusus untuk jebol passcode lock iPhone.

Alat ini juga yang digunakan FBI untuk menjebol iPhone miliki pelaku penembakan. Saat itu FBI memang sudah meminta bantuan Apple untuk membantu membuka passcode iPhone tanpa menghilangkan semua informasi di dalamnya untuk keperluan penyelidikan, namun Apple menolaknya.

Alhasil FBI harus mencari cara lain untuk bisa membuka iPhone milik sang pelaku. FBI dikabarkan mendapatkan bantuan dari perusahaan yang bernama Cellebrite untuk bisa melihat seluruh data di dalam iPhone yang terkunci itu.

Karena dilindungi oleh FBI, tidak ada yang tahu bagaimana Cellebrite mengambil data yang ada di dalam iPhone tersebut. Namun perusahaan peneliti keamanan lain yang bernama Grayshift punya cara tersendiri.

Mereka memamerkan alat khusus bernama GrayKey yang dapat bisa dengan mudah menjebol Passcode Lock semua iPhone. Alat ini juga secara terang-terangan dijual, meskipun pada akhirnya hanya boleh dibeli oleh pihak tertentu saja, seperti kantor penegak hukum atau lab penguji keamanan.

Inilah GrayKey, Alat Khusus untuk Jebol Passcode iOS

Cara kerja dari alat ini adalah menghubungkan 1 hingga 2 iPhone ke port lightning dan tunggu beberapa menit hingga proses selesai. Setelah itu perangkat iPhone akan menampilkan layar warna hitam dan berbagai macam informasi, seperti Passcode Lock dan informasi tambahan lain.

Untuk harganya sendiri, GrayKey dijual dalam 2 jenis dengan harga berbeda. Pertama dijual dengan harga $15.000 dan hanya bisa bekerja jika terhubung ke internet dan pada jaringan tertentu. Versi lain dijual dengan harga $30.000 yang bisa digunakan offline, kapan saja dan di mana saja.

GrayKey ini juga sekaligus menjadi tamparan bagi Apple yang mengklaim dirinya sebagai perusahaan yang menjaga keamanan pengguna dengan terus meningkatkan keamanan di setiap produknya. Bisa jadi Apple akan menambal celah yang digunakan GrayKey dan perangkat GrayKey tidak akan bisa dipakai di iOS terbaru.

Bagaimana menurutmu?

via malwarebytes

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.