Awas! Ada Aplikasi Mac yang Diam-diam Menambang Uang Virtual

Setiap platform atau sistem operasi pasti memiliki celah keamanan yang memungkinkan malware atau program jahat untuk menginfeksi sistem tersebut. Tidak cuma di komputer Windows, bahkan di sistem yang terkenal lebih aman sekalipun, seperti Linux dan macOS juga tidak lepas dari malware.

Nah baru-baru ini ditemukan malware baru yang menyerang macOS. Malware tersebut bekerja secara diam-diam untuk menambang Monero, salah satu dari sekian mata uang virtual, seperti bitcoin.

Aplikasi tersebut adalah Calendar 2, salah satu aplikasi kalender di macOS. Jadi untuk kamu yang belum pernah install aplikasi ini, artinya Mac dan MacBook milikmu masih aman dari ancaman malware ini.

Si pembuat aplikasi Calender 2 sebenarnya sudah memberitahukan bahwa akan menggunakan komputer pengguna untuk menambang uang virtual sebagai salah satu opsi pembayaran untuk mengaktifkan semua fitur di aplikasi freemiun tersebut.

Awas! Ada Aplikasi Mac yang Diam-diam Menambang Uang Virtual
via Ars Technica

Namun sepertinya ada bug yang menyebabkan aktivitas cryptomining tidak bisa berhenti setelah berhasil dijalankan. Komputer yang terinstal aplikasi Calendar 2 pun mendadak jadi lambat dengan pemakaian CPU yang menjadi sangat tinggi.

Email sudah dikirim ke Apple oleh ArsTechnica, tetapi pihak Apple dilaporkan masih belum menjawab email tersebut. Dalam waktu 24 jam aplikasi Calendar 2 masih bisa didownload dari Mac App Store dan belum dihapus.

Qbix sang developer aplikasi ini memutuskan untuk menghapus fitur pembayaran via cryptominer dalam versi terbaru dari Calendar 2.

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.