Kini Program MFi Support USB-C dan Lightning to Jack 3.5mm

Program MFi baru sepertinya akan segera dilakukan oleh Apple. Setelah kita mendapatkan kabar bahwa Apple siap mengganti logo MFi dengan logo baru, kini muncul kabar menarik berupa dukungan port USB-C dan aksesori Lightning to Jack Audio 3.5mm.

Lisensi MFi untuk aksesoris port USB-C bisa dibilang baru pertama kali ini dibuka oleh Apple. Sebelum ini cuma ada kabel USB-C untuk charging MacBok dan MacBook Pro yang tersedia dalam paket penjualan, dan USB-C to Lightning. Semua kabel tersebut dibuat langsung oleh Apple.

Namun kini para produsen aksesoris pihak ketiga tidak lama lagi akan bisa mulai membuat aksesoris dengan port USB-C yang menggunakan standar Apple. Pengguna juga akan lebih banyak punya pilihan aksesori untuk dibeli.

Hanya saja dalam program MFi yang baru ini menyimpan beberapa detail yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah tidak boleh membuat aksesoris dengan konektor port USB-C yang memungkinkan untuk mengisi baterai serta sinkronisasi perangkat iOS.

Lalu untuk apa aksesoris USB-C tersebut? Sepertinya penggunaan aksesoris baru tersebut hanya sebagas sebagai aksesoris untuk MacBook, seperti untuk penggunaan power bank yang bisa diisi ulang dengan konektor USB-C.

Lightning to Jack Audio 3.5mm juga termasuk di dalam program MFi baru ini. Sebelumnya aksesoris Lightning to Jack Audio hanya ada di paket penjualan perangkat iPhone 7 atau lebih baru.

Untuk menghubungkan iPhone 7 atau yang lebih baru ke speaker eksternal, kamu perlu aksesoris Jack Audio male-to-male untuk membalik fungsinya.

via 9to5mac

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.