Tips Membedakan Charger iPhone Asli dan Charger Palsu
via Apple

Mencari charger iPhone entah itu kabel data maupun kepala charger iPhone yang baru memang harus waspada. Pasalnya bukannya membeli charger iPhone yang asli dan original, kamu bisa saja kamu malah membeli charger iPhone palsu yang tentu saja tidak resmi.

Menggunakan charger iPhone yang asli dan resmi dari Apple adalah sebuah keharusan jika kamu tidak ingin mendapatkan masalah di kemudian hari. Hal ini karena charger palsu punya efek yang bisa membahayakan perangkat. Baca: Inilah Efek Bahaya Menggunakan Charger Palsu di iPhone dan iPad.

Buat kamu yang ingin membeli charger original dan asli, ada beberapa ciri-ciri charger asli dan original yang patut kamu ketahui untuk bisa membedakan mana charger ori dan mana charger palsu yang tidak layak untuk dibeli dan digunakan di iPhone milikmu.

 

Beli di Toko Resmi

Tidak ada tawar-menawar lagi untuk ciri-ciri charger ori yang satu ini. Ya, jika kamu membeli di Apple Authorized Premium Reseller atau tempat resmi menjual produk Apple, maka charger yang akan kamu dapatkan adalah produk asli. Mau charger asli? Langsung saja beli ke toko resminya.

Bagaimana jika kamu membeli online dari reseller yang tidak resmi? Boleh-boleh saja, dengan catatan barang yang dijual memang barang asli dan resmi. Kamu bisa baca lanjutan artikel ini untuk melihat ciri-ciri charger asli untuk perangkat iPhone.

Harga charger yang beli dari toko resmi memang lebih mahal. Kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini. Baca: Inilah Harga Charger Asli Untuk iPhone dari Apple.

 

Logo Made for iPhone

Meskipun kamu membeli charger yang bukan dibuat oleh Apple, bukan berarti charger tersebut tidak original ya. Apple telah membuat standar khusus untuk pabrikan lain agar bisa membuat aksesoris Apple. Standar tersebut harus dipatuhi agar keamanan dan keselamatan penggunaan produk terjaga.

Apple secara resmi merilis standar MFI untuk aksesoris pihak ketiga. MFI adalah singkatan dari Made for iPhone, iPad, dan iPod Touch. Jika aksesoris disertai dengan label ini, bisa dibilang produk tersebut adalah produk resmi dan aman digunakan untuk iPhone, iPad, dan juga iPod Touch.

Tips Membedakan Charger iPhone Asli dan Charger Palsu

Itu kan cuma label? Bagaimana jika label tersebut juga palsu? Iya, label tersebut bisa dengan mudah dipalsukan. Cara yang bisa kamu gunakan berikutnya untuk membedakan charger asli dengan charger palsu adalah dengan melihat fisik barangnya secara langsung.

 

Perhatikan Spesifikasi Kepala Charger

Spesifikasi kepala charger iPhone yang asli berdasarkan yang tertulis di situs resmi Apple adalah 5 Watt, tegangan 5 Volt, dan arus 1.0 Ampere, sedangkan iPad 12 Watt, 5.1 Volt, dan 2.1 Ampere. Jika ada yang mengaku menjual charger iPhone tetapi memiliki spesifikasi output yang berbeda, bisa jadi itu produk palsu.

Apakah aman juga untuk menggunakan kepala charger lain yang punya spesifikasi berbeda dari itu? Selama tidak terlalu berbeda, sebenarnya tidak masalah. Hanya saja untuk cari aman, sebaiknya gunakan spesifikasi output charger seperti yang disarankan oleh Apple tersebut.

 

Perhatikan Ujung Konektor

Apple dalam dokumentasinya telah merilis beberapa panduan yang bisa kamu ikuti untuk melihat seperti apa ciri-ciri charger iPhone yang asli dan original. Kamu bisa lihat dokumentasinya tersebut di sini untuk lebih mudah membedakan charger asli dengan charger palsu.

Tips Membedakan Charger iPhone Asli dan Charger Palsu
via Apple

 

Bisa Digunakan Untuk Mengisi Baterai iPhone dan iPad

Hal terpenting yang membedakan charger asli dengan charger palsu adalah charger asli PASTI bisa digunakan untuk mengisi baterai iPhone. Kalau charger palsu? Karena palsu, tetap ada kemungkinan charger tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Tips Membedakan Charger iPhone Asli dan Charger Palsu

Selain karena proses pengisian daya yang sangat lambat, mungkin saja baterai tidak benar-benar terisi. Lebih parah lagi, ketika kamu menancapkan charger ke iPhone, bisa jadi ada peringatan aksesoris tidak kompatibel. Jika kejadian ini berlangsung sangat sering, bisa dipastikan aksesoris tersebut tidak asli

Bagaimana? Kamu punya ciri-ciri charger asli iPhone yang lainnya untuk bisa lebih mudah membedakan charger asli dengan charger palsu?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk follow akun Twitter MacPoin 😀

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.