Cara Akses Tumblr yang Diblokir di iPhone dan iPad

Beberapa waktu yang lalu kita semua dikejutkan dengan kabar Tumblr diblokir di Indonesia oleh pemerintah. Itu artinya kita tidak bisa membuka Tumblr dan mengakses Tumblr lagi dengan koneksi internet di Indonesia.

Meskipun sudah diblokir, bukan berarti kamu tidak bisa membuka blokirnya. Khususnya di perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan juga iPod Touch kita bisa membuka blokir Tumblr dengan sangat mudah.

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan koneksi internet yang belum memblokir Tumblr. Berbagai operator seluler lokal di Indonesia memang sudah memblokirnya, namun tidak semua penyedia layanan internet rumah sudah memblokirnya.

Jika kamu cuma bisa menggunakan koneksi paket data seluler di iPhone atau iPad, kamu bisa menggunakan VPN di iOS. Untuk selengkapnya, kamu bisa baca tutorialnya di sini. Baca: Cara Menggunakan VPN di iPhone dan iPad.

Kamu juga bisa mengganti pengaturan DNS di koneksi Wi-Fi di iPhone dan iPad. DNS atau Domain Name Service adalah sistem yang berfungsi untuk menyimpan informasi seperti nama host atau nama domain dalam bentuk database yang terdistribusi di jaringan komputer.

Namun saya pribadi lebih suka menggunakan VPN, semisal Opera VPN yang tersedia untuk iPhone dan iPad. Kamu cukup aktifkan VPN dan blokir Tumblr akan terbuka.

Bagaimana? Kamu punya cara yang lebih mudah untuk akses blokir Tumblr di Indonesia?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.