3 Bahaya Menggunakan Charger Palsu di iPhone dan iPad

Menggunakan charger palsu dan tidak resmi ke perangkat iPhone atau iPad tentu saja ada efek berbahaya, apalagi jika terus dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali kamu menggunakan charger palsu jika kamu tidak ingin kena masalah. Lalu seperti apa sih ciri-ciri charger iPhone yang asli dan original?

Yang saya maksud dengan “charger palsu” yang tidak original di sini bukan semua charger non-Apple ya, tetapi charger yang dibuat oleh pihak ketiga dan tidak sesuai dengan standar Apple. Kamu bisa baca artikel lebih lengkapnya di sini. Baca: Cara Membedakan Charger Asli dan Charger Palsu untuk iPhone dan iPad.

Berikut ini adalah efek berbahaya dari penggunaan charger palsu iPhone , khususnya jika dilakukan secara terus-menerus:

 

Baterai iPhone Tidak Terisi Optimal

Salah satu dampak atau efek charger palsu yang bisa terasa adalah baterai iPhone tidak akan terisi dengan optimal. Hal ini karena proses pengisian daya baterai tidak berada dalam standar yang diinginkan oleh Apple.

Buat kamu yang merasa proses pengisian baterai iPhone berlangsung sangat lama, bisa jadi karena charger iPhone yang kamu gunakan adalah tidak asli. Kamu bisa coba untuk menggunakan charger iPhone yang lain yang sudah pasti keasliannya.

 

Bisa Merusak Baterai dalam Jangka Panjang

Efek jangka panjang yang bisa kamu rasakan adalah baterai iPhone menjadi lebih cepat rusak. Apa penyebabnya? Tidak lain adalah karena penggunaan charger yang tidak ori tersebut.

Lalu bagaimana dengan charger ori? Apakah charger yang resmi dari Apple juga tidak merusak baterai dalam jangka panjang? Setiap baterai tentu memiliki usia tertentu dan pasti akan usang meskipun digunakan dengan baik sekalipun.

Hanya saja, jika kamu menggunakan charger yang tidak resmi, bisa jadi kamu malah semakin memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai umumnya bisa bertahan dengan baik di cycle count 500 jika menggunakan charger asli, mungkin kondisi kesehatan baterai iPhone sudah berbeda meskipun di angka cycle count yang sama jika menggunakan charger palsu.

 

iPhone atau iPad Bisa Meledak

Kasus iPhone atau iPad meledak memang bukan barang baru. Dari semua kasus baterai meledak, sebagian besar disebabkan oleh penggunaan aksesoris pengisian daya baterai yang tidak asli.

Baterai meledak memang kasus yang sangat jarang terjadi. Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa sembarangan menggunakan charger palsu. Untuk keamanan, selalu gunakan charger asli dan resmi dari Apple.

Bagaimana? Ada efek bahaya lain yang perlu ditambahkan?

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.