Benarkah Facebook Curi Data Pengguna iPhone dan iPad?
via Pexels

Sudah bukan rahasia lagi jika Facebook merilis layanan iklan. Sebagai sebuah sosial media terbesar, Facebook memang sangat potensial untuk menjadi media menjajakan iklan ke para penggunanya.

Hanya saja, iklan yang disuguhkan ke pengguna haruslah tepat sasaran. Nah itulah yang menjadi rahasia. Bagaimana bisa Facebook melakukan sortir ratusan, ribuan, atau malah mungkin jutaan iklan yang ada di sana lalu bisa menampilkan iklan yang benar-benar penting untuk pengguna?

Misalnya saja kamu akhir-akhir ini sering mengakses situs yang berhubungan dengan iOS, Mac, dan juga berbagai produk Apple lain. Lalu ketika kamu membuka Facebook, kamu disuguhkan iklan diskon iPhone di berbagai toko online, diskon software Mac, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang memunculkan kecurigaan bahwa Facebook mencuri data dan semua aktivitas kita, khususnya untuk kamu pengguna perangkat iOS seperti iPhone maupun iPad.

Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi. Ada dugaan bahwa Facebook juga mencuri dengar semua aktivitas kita dengan menyadap berbagai komponen seperti mikrofon, kamera, dan lain sebagainya. Benarkah?

Joanna Stern dari WSJ mencari tahu isu ini dengan melakukan beragam riset dan wawancara. Akhirnya dia merilis hasilnya dengan membuat video yang unik berikut ini.

Joanna Stern menjelaskan bahwa metode untuk menampilkan iklan tepat sasaran terbagi dalam beberapa hal, mulai dari akses data seperti Location Services, kebiasaan akses website di browser, dan juga layanan belanja di toko online.

Dia juga mengatakan bahwa iklan yang benar-benar tepat sasaran akan disukai semua pihak. Facebook tidak membagikan informasi privasi pengguna dan memberikan pengguna kontrol manual untuk iklan yang tampil.

Namun tetap saja banyak orang yang masih tidak percaya. Bagaimana dengan kamu? Kamu percaya?

via WSJ

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.