9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Kamu perlu waspada karena akhir-akhir ini marak metode phising yang menarget perangkat buatan Apple, baik iOS maupun macOS. Biasanya melalui email atau akses web tertentu. Ternyata alasannya adalah, ID Login Apple ini bisa dijual di deepweb alias pasar gelap online dengan harga USD 15.39 atau sekitar dua ratus ribu rupiah!

Harga tersebut sudah cukup untuk menjadikan ID Apple yang dijual di deepweb sebagai komoditi non layanan keuangan paling berharga menurut riset yang dilakukan oleh top10vpn.com.

Tim kami melakukan peninjauan tentang daftar barang jualan terkait penipuan yang ada di pasar dark web paling besar: Dream, Point, dan Wall Street Market selama 5-11 Februari 2018. Beberapa daftar barang kami kumpulkan dan dikategorikan untuk menghitung harga penjualan rata-ratanya

Menariknya, terkait dengan akun keuangan, rekening bank bukanlah yang paling banyak dibeli orang. Situs tersebut mendapati bahwa kredensial PayPal menempati urutan pertama dengan harga tertinggi, yaitu rata-rata seharga USD 274 per akun. Sedangkan rekening bank ‘hanya dihargai’ USD 160.15. Namun nilai tersebut juga bergantung pada jenis akun dan kemungkinan juga besar uang yang berada di dalam akun.

Harga untuk setiap akun yang dijual juga beragam.

Para penawar di dark web sering membeli detail paspor seharga USD 60, kemudian akun belanja online seperti Amazon dan Walmart seharga USD 10.

Komunikasi vital seperti Skype dan T-Mobile seringkali dihargai hanya USD 10. Untuk mendapatkan akun ini, penipu seringkali mengirim tautan phising untuk mendapatkan fitur keamanan yang bergantung pada verifikasi SMS

Berdasarkan penelitian, kredensial terkait keuangan yang berharga paling tinggi adalah:

  • Western Union: USD 101
  • Kartu Debit: USD 67,50
  • Kartu Kredit: USD 50

Target sasaran pun tidak melulu AS dan Eropa. Masyarakat Asia pun juga menjadi sasaran pencurian identitas ini. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati terhadap upaya phising melalui email atau SMS. Jangan membuka tautan mencurigakan yang meminta akses masuk melalui email atau akun finansial yang penting.

 

Sumber: 9to5mac

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.