iOS 11.2.5 Resmi Dirilis ke Publik untuk iPhone dan iPad

Untuk pengguna iPhone, semakin penting untuk mengetahui preferensi privasi dan bagaimana cara memastikan pengaturan iPhone ini menjaga privasi data kita. Secara umum, aplikasi yang kita gunakan di iPhone secara konstan memerlukan data lokasi, kontak, dan sebagainya. Beberapa orang tidak nyaman jika harus membagikan tempat mereka berada. iOS memungkinkan kita memberikan izin untuk akses penggunaan lokasi, kontak, atau data lain yang sifatnya privat. Bagaimana untuk mengatur ini di iOS 11?

 

Kontrol Privasi untuk Lokasi

  1. Buka Pengaturan. Usap ke bawah untuk mencari Privasi
  2. Layanan Lokasi adalah salah satu preferensi yang paling penting. Buka Layanan Lokasi untuk mendapatkan pengaturan lebih detail.
  3. Tentu saja jika kamu mematikan Layanan Lokasi sepenuhnya, maka kamu akan kesulitan untuk  menggunakan aplikasi. Periksalah aplikasi yang menurut kamu tidak memerlukan layanan lokasi, misalnya Twitter atau Facebook, kemudian kamu bisa mematikan layanan lokasi tersebut.

 

Pengaturan Lebih Lanjut

Pada bagian atas Layanan Lokasi di bagian pengaturan, kamu dapat menemukan opsi Bagikan Lokasi Saya. Ini adalah untuk memungkinkan memberi tahu teman dan keluarga melalui beberapa aplikasi native iPhone seperti Temukan Teman Saya dan iMessage. Kamu juga bisa membagikan lokasi dari perangkat Apple milik kamu seperti HomePod atau HomeKit. Jika kamu tidak berkenan lokasi perangkat tersebut dibagikan, maka kamu bisa menghapusnya.

 

Layanan Sistem

Di bagian bawah halaman pengaturan Layanan Lokasi, kamu akan menemukan Layanan Sistem. Di sini kamu bisa mengubah semua pengaturan tentang bagaimana iPhone atau iPad kamu menggunakan data lokasi untuk keseluruhan sistem. Jika kamu tidak berkenan lokasi kamu digunakan untuk layanan tertentu, maka kamu bisa mematikannya.

 

Sesuaikan Privasi per Aplikasi

Selain layanan lokasi, terdapat juga beberapa elemen privasi lainnya seperti kontak, mikrofon, bluetooth, dan sebagainya yang merupakan bagian dari data penting. Kamu bisa mengatur untuk membagikan atau tidak membagikan data-data ini untuk menjaga privasi kamu


Nah, begitulah tips untuk melindungi privasi kamu di iOS 11, utamanya jika kamu menggunakan iPhone atau iPad. Punya tips lainnya? Ceritakan di kolom komentar.

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.