Berapa Lama Sih Masa Pakai Produk Apple?

Jika berbicara dengan produk Apple mulai dari iPhone, iPad, hingga jajaran komputer Mac, pasti sekilas akan terbesit sebuah produk dengan masa pakai yang cukup panjang, lebih panjang dari rata-rata produk dari perusahaan lain.

Namun benarkah produk Apple ini awet dan membuat orang lain betah untuk terus menggunakannya meskipun tidak membeli produk baru? Bisa jadi memang demikian. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Faktor pertama adalah kualitas hardware produk Apple yang bisa dibilang lebih baik dari rata-rata produk sejenis dari perusahaan lain. Tidak heran karena semua produk Apple yang dirilis adalah produk flagship di masanya. Entah itu iPhone, iPad, Mac, dan lain sebagainya.

Faktor kedua adalah update software. Banyak pengguna platform lain semisal Android yang membeli smartphone baru hanya karena smartphone lawas sudah tidak mendapatkan update terbaru Android. Begitu halnya pengguna PC atau laptop yang sudah tidak mendapatkan update driver untuk Windows terbaru, sehingga terpaksa beli PC atau laptop lain yang punya dukungan driver untuk Windows terbaru.

Dilansir dari Asymco, Horace Dediu sang analis Asymco mengungkap jumlah perangkat Apple yang aktif dan digunakan oleh pemiliknya adalah sebanyak 1,3 miliar unit, sama seperti yang sudah diungkapkan oleh Apple dalam laporan keuangan terbarunya.

Horace Dediu membuat grafik masa pakai perangkat Apple berdasarkan penjualan kumulatif dan jumlah perangkat aktif. Hasilnya adalah seperti berikut ini.

Berapa Lama Sih Masa Pakai Produk Apple?

Berdasarkan dari grafik tersebut, rata-rata masa pakai perangkat Apple adalah 4 tahun 3 bulan. Setelah itu, perangkat akan diganti dengan perangkat lain yang lebih baru.

Rendahnya tingkat upgrade ini juga mungkin disebabkan karena harga produk Apple baru yang makin lama makin mahal dan tak membawa peningkatan berarti dibanding model terdahulu.

via Asymco

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.