Awas! Phising Langganan Layanan App Store Mulai Marak

Sudah bukan barang baru lagi jika App Store sekarang ini sudah mendukung metode berlangganan. Namun siapa sangka di balik kemudahannya tersebut, ada segelintir orang yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadinya.

Salah satu yang kini sedang marak adalah penipuan berupa bukti berlangganan layanan di App Store. Untuk membuat calon korban panik, dalam bukti struk berlangganan tersebut nominal harga langganannya dibuat cukup besar.

Buat kamu yang tidak merasa berlangganan sesuatu dan tiba-tiba mendapatkan email seperti ini, tentu saja kamu akan kaget dan langsung berencana untuk menghentikan langganan ini.

Nah di sinilah penipuan itu dimulai. Di dalam email tersebut ada link yang mengarah ke link phising yang merupakan tiruan dari halaman login Apple ID resmi. Apa yang akan terjadi jika kamu memasukkan username dan password kamu di situ? Ya, informasi username dan password kamu akan dicuri oleh si pencuri.

Yang marak akhir-akhir ini adalah email konfirmasi berlangganan Youtube Red dengan harga $144.99 per bulan dan juga Youtube TV dengan Free Trial dan $39.99 per bulan setelah trial habis. Dalam email tersebut, akan ada informasi Cancel Subscription. Ingat! Jangan klik link tersebut!

Awas! Phising Langganan Layanan App Store Mulai Marak

Untuk kamu yang tidak yakin, kamu bisa langsung cek saja apakah kamu berlangganan sesuatu atau tidak. INGAT! Caranya bukan dengan tutorial yang diberikan di link email palsu tersebut, tapi login ke situs Apple untuk melihat informasi Apple ID milikmu.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa baca tutorialnya di sini -> Cara Berhenti Berlangganan di App Store iPhone dan iPad. Bagaimana? Kamu mendapatkan email penipuan seperti itu?

via 9to5Mac

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.