via Apple Insider

Keyboard bawaan iOS sering dipandang kurang powerful, namun terintegrasi begitu mendalam dengan ekosistem iOS. Untunglah sejak iOS 10, Apple membuka peluang bagi aplikasi pihak ketiga untuk dapat ikut serta menyertakan aplikasi keyboardnya ke App Store. Salah satu keyboard pihak ketiga untuk iOS, Swype, telah sampai ke batas masa pakainya, dan tidak akan ada lagi pembaruan atau pengembangan dari perusahaan induknya, Nuance.

Dalam sebuah posting blog, Nuance mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi melanjutkan proyek Swype keyboard.

Nuance tidak akan lagi menawarkan keyboard Swype di iOS App Store. Kami benar-benar mohon maaf karena meninggalkan bisnis keyboard konsumen langsung, tapi perubahan ini dibutuhkan untuk memungkinkan kami lebih berkonsentrasi terhadap solusi AI untuk dijual langsung kepada institusi bisnis. Kami berharap Anda semua menikmati menggunakan Swype selama ini, dan tentu saja kami memang menikmati bekerjasama dengan komunitas Swype.

Tentu saja ini sangat disayangkan karena Swype memiliki penggemar tersendiri di kalangan pengguna iOS yang bosan dengan stock keyboard milik iOS. Dengan tidak adanya Swype, pilihan keyboard pihak ketiga memang semakin sedikit, namun masih ada Swiftkey milik Microsoft yang merupakan keyboard pihak ketiga paling populer di App Store.

Menarik juga alasan Nuance untuk tidak melanjutkan pengembangan Swype, yaitu karena mereka berfokus pada pengembangan AI. Apakah ini nanti akan menjadi sebuah killer app yang akan mengubah perspektif bisnis secara keseluruhan? Kita akan menantikan gebrakan Nuance selanjutnya!

 

Sumber: Apple Insider

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.