Pangsa Pasar iPhone di Indonesia Anjlok, Kalah Saing dengan Smartphone Murah

Siapa sih yang gak tahu dengan iPhone? Ya, smartphone Apple yang satu ini memang selalu diminati oleh banyak orang karena dianggap sebagai barang mewah. Namun sebagai barang mewah, harga iPhone juga sudah pasti mahal.

Apalagi di Indonesia yang sebagian besar adalah pengguna dari kalangan menengah hingga menengah ke bawah, iPhone masih dianggap kurang terjangkau. Meskipun ada iPhone murah, namun itu adalah model lawas beberapa tahun yang lalu.

iPhone terbaru misalnya, iPhone X dijual dengan harga mulai dari sekitar Rp 17 jutaan di Indonesia. Versi yang lebih mahal dijual dengan harga yang mencapai Rp 20 jutaan.

Untuk iPhone 8 sendiri yang dirilis di tanggal dan tahun yang sama dengan iPhone X, semuanya dijual dengan harga di atas 10 jutaan. Tentu saja hanya kalangan tertentu saja yang mampu membelinya.

Dengan kondisi seperti ini, tak heran jika pangsa pasar iPhone di Indonesia semakin terpuruk. Apalagi gempuran smartphone murah dengan kualitas yang lumayan juga cukup membanjiri Indonesia.

Bukan cuma di Indonesia saja, di Tiongkok dan India juga sama. Pangsa pasar iPhone semakin menurun. Selain karena semakin mahalnya iPhone, gempuran smartphone murah juga terus berdatangan.

Di India misalnya, Xiaomi yang notabene pemain baru langsung melenjit ke posisi atas, mengalahkan Apple dan Samsung. Hal ini tak lepas dari strategi harga murah, namun tetap membawa produk berkualitas dan sesuai dengan kondisi pasar lokal di sana.

via Kompas Tekno

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.