via 9to5mac

Homepod masih baru saja diluncurkan dan belum diketahui seberapa tinggi traksi yang didapatkan, namun Spotify sudah mewaspadai gebrakan ini. Sebagai saingan utama Apple dalam hal layanan musik, Spotify berencana untuk bersaing dengan smart speaker seperti halnya Apple dan Amazon. Kini bahkan Spotify sedang mempersiapkan tim produksi untuk menghasilkan produk fisik speaker ini.

Blog musik Musically adalah yang pertama mendapati ‘gerakan’ Spotify ini. Raksasa layanan musik asal Swedia ini mengumumkan perekrutan karyawan baru di websitenya, terkait dengan bidang produksi di berbagai tingkatan. Beberapa jabatan yang dibutuhkan antara lain “Senior Project Manager, Hardware Production” dan “Project Manager, Hardware Production & Engineering” yang dikabarkan detail pekerjaannya adalah “menciptakan pengalaman Spotify yang interaktif melalui hardware terhubung”.

Jabatan lainnya yang dibutuhkan adalah, “Operations Manager, Hardware Product”, adalah penasihat utama yang menyesuaikan dengan tujuan perusahaan. Terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa “Spotify tengah dalam proses menciptakan prduk fisiknya yang pertama dan sedang menyiapkan organisasi operasional untuk manufaktur, rantai pasokan, dan pemasaran.”

Iklan untuk karyawan baru dalam berbagai posisi ini mengisyaratkan bahwa Spotify sedang berupaya untuk memulai memproduksi sebuah hardware, akan tetapi benar-benar masih berada pada proses awal. Terdapat rujukan bahwa karyawan baru ini disiapkan untuk bekerja bersama desainer pihak ketiga, kontraktor, dan manufaktur lain, mengelola inventaris, rantai pasokan, dan juga upaya untuk mencari mitra perakitan seperti misalnya Foxconn.

Posting lowongan kerja ini bukan merupakan pertanda bahwa Spotify akan melakukan upaya produksi dalam waktu dekat ini. Peran demikian dapat juga dibutuhkan untuk proses jangka panjang, memberikan perusahaan ini sebuah peluang untuk merencanakan proses dalam jangka panjang sebelum melakukan manufaktur.

Saat ini, memang Spotify belum memiliki hardware sendiri. Mereka masih bekerja sama dengan produsen hardware untuk menjadikan Spotify dapat terkoneksi dengan perangkat pihak ketiga. Ini menjadikan Spotify rentan jika ternyata produsen tersebut tidak bersedia meneruskan kerja samanya. Oleh karena itu, membuat hardware sendiri merupakan sebuah pilihan tepat. Ironisnya, ini seperti kalimat yang dipopulerkan Steve Jobs bahwa “Mereka yang serius untuk membuat software, harus membuat hardware-nya sendiri.”

 

Sumber: Apple Insider, Musically

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.