Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Saat ini iPhone 5s adalah iPhone paling murah yang support iOS versi terbaru, tapi masih layak nggak sih beli iPhone 5s di tahun 2018? Berikut ini adalah review iPhone 5s di tahun 2018 selengkapnya.

Performa iPhone 5s di 2018

NB: Jangan lupa  subscribe channel Kepoin Tekno  untuk video menarik lain seputar teknologi, termasuk berbagai video dari MacPoin.

Pertama kita bahas dulu dari sisi performa. Kamu harus tahu bahwa iPhone 5s ini dirilis pada akhir tahun 2013, artinya dibandingkan iPhone dan smartphone terbaru lain saat ini, specsnya sudah jauh tertinggal.

Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Menggunakan chip Apple A7 yang masih dual core, dikombinasikan dengan 1GB RAM. Performa iPhone 5s di di iOS terbaru memang tidak begitu buruk. Kamu masih bisa memakainya untuk penggunaan harian, meskipun sesekali bakal ada lag yang muncul.

Lag ini bisa muncul ketika kamu swipe drawer aplikasi, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan cukup terasa ketika kamu beralih dari satu tab ke tab lain saat browsing menggunakan Safari.

Artinya meskipun performanya masih bisa ditoleransi untuk standar pemakaian harian, tetapi kamu tidak akan bisa merasakan performa dan experience maksimal dari iOS terbaru saat ini.

Experience iPhone 5s di 2018

Nah, ngomongin tentang experience, iPhone 5s ini masih memakai layar berukuran 4 inch, yang di tahun 2018 terasa begitu kecil.

Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Di satu sisi, bagi kamu yang suka ponsel berukuran kecil, mungkin karena ringkas, mudah dibawa, dan mudah dioperasikan dengan satu tangan, iPhone 5s bisa jadi pilihan.

Tetapi di sisi lain di tahun 2018 ini, ponsel berukuran 4 inch, bagi saya pribadi terasa cukup kuno karena mainstream ponsel saat ini didominasi oleh layar berukuran besar.

Bahkan iOS 11 sendiri kini dioptimasi untuk layar berukuran besar, terlihat dari desain yang menggunakan font dengan ukuran lebih besar, tombol yang dibuat lebih besar, dsb.

Belum lagi mayoritas aplikasi dan website juga banyak didesain agar tampil optimal di layar besar.

Jadi secara experience, menggunakan iOS terbaru di layar berukuran 4 inch terasa kurang optimal.

Desain iPhone 5s di 2018

Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Kini kita mau beralih ke desain. Secara desain iPhone 5s masih terlihat mewah di tahun 2018 ini. Desainnya kokoh, rigid, dan berbalut metal, masih terasa berkelas untuk dipakai di tahun ini. Jika kamu memang suka ponsel kecil, menggenggam iPhone 5s di tahun 2018 masih sangat layak dan tetap terlihat elegan.

Kualitas Kamera iPhone 5s di 2018

Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Beralih ke ranah kamera, untuk ukuran ponsel dari tahun 2013, kamera iPhone 5s masih bisa diandalkan, baik kamera belakang atau kamera depannya.

Dengan kondisi pencahayaan yang cukup, kamu bisa mendapatkan hasil jepretan yang bagus, tajam, dan mumpuni dari kamera belakang 8MP yang dimilikinya.

Dan jangan salah..mengambil banyak foto sekaligus di iPhone 5s masih sangat kencang, lebih kencang dari banyak ponsel Android terkini dengan harga yang sama. Mengambil video slow-mo juga masih powerful dilakukan di iPhone 5s ini.

Untuk kamera depan, memang hanya dilengkapi 1.2MP, tetapi sudah cukuplah untuk keperluan video call ataupun selfie-selfie ringan.

Keawetan baterainya juga masih bisa diandalkan di penggunaan harian tahun 2018 ini.

Dukungan OS & Aplikasi iPhone 5s di 2018

Beralih ke dukungan platform dan aplikasi, iPhone 5s sampai saat ini masih support iOS terbaru yaitu iOS 11. Tapi tidak ada jaminan apakah bakal support juga di iOS 12 terbaru nanti, karena bisa jadi iOS 11 adalah versi terakhir yang bisa dipakai di iPhone 5s ini.

Untuk dukungan aplikasi, karena iPhone 5s sudah memakai chip 64-bit dan support iOS terbaru, maka berbagai aplikasi di App Store — termasuk juga aplikasi yang baru-baru — tetap bisa kamu jalankan di iPhone 5s ini.

Fitur iOS 11 yang Absen di iPhone 5s

Beli iPhone 5s di 2018, Masih Layak Gak Sih?

Nah terakhir kita mau ngomongin tentang fitur iOS terbaru yang absen di iPhone 5s.

Pertama adalah 3D touch. Layar iPhone 5s ini tidak mendukung 3D Touch, meskipun saya pribadi tidak mempermasalahkan hal ini karena 3D touch jarang saya pakai dalam pemakaian sehari-hari.

Fitur kedua adalah ARkit. jelas, kamu tidak bisa menikmati berbagai aplikasi augmented reality di iPhone 5s ini.

Kesimpulan Review iPhone 5s di 2018

Oke kesimpulannya, di tahun 2018 ini iPhone 5s masih memiliki desain yang elegan, masih terkesan mewah, kamera mumpuni, serta support iOS terbaru dan punya dukungan aplikasi yang luas.

Tetapi secara performa dan experience, kamu sudah tidak bisa mendapatkan pengalaman terbaik dari iOS di tahun ini. Pertama ada cukup banyak lag yang akan kamu rasakan, kedua ukuran layarnya tergolong kekecilan untuk tahun 2018 ini, dan ketiga kamu perlu tahu bahwa meskipun mendukung iOS versi terbaru, tetapi beberapa fitur didalamnya tidak bisa kamu nikmati, seperti 3D Touch dan ARkit.

Jadi menurut saya yang mengedepankan performa dan kenyamanan pemakaian, dengan harga yang kini sekitar 2 sampai 2,7 jutaan rupiah, iPhone 5s sudah kurang layak lagi dibeli di tahun 2018 — kecuali jika kamu oke dengan beberapa kekurangan yang sudah saya jelaskan sebelumnya — atau pengen punya iphone dengan harga murah.

Anyway, ini sekedar rekomendasi untuk bahan pertimbangan, jadi keputusan akhir tetap berada di tangan kamu sendiri.

Menurut Kamu Pribadi?

Pertanyaan hari ini, apakah kamu merasa iphone 5s masih layak dibeli di tahun 2018? silakan sampaikan pendapat kamu pribadi beserta alasannya di kolom komentar.

Jangan lupa kunjungi terus MacPoin untuk info, tips, dan rekomendasi seputar iPhone, Mac, dan perangkat Apple lainnya.