Berkat iCloud, Tukang Spam Terbesar di Dunia Berhasil Ditangkap

iCloud adalah layanan berbasis cloud dari Apple yang digunakan oleh pengguna untuk beragam hal. Mulai dari penyimpanan awan, email, kalender, dan lain sebagainya. Namun apakah iCloud juga bisa digunakan untuk melakukan fungsi lain selain sebagai sebuah layanan cloud?

Baru-baru ini iCloud berhasil membantu penangkapan tukang spam terbesar di dunia asal Rusia, Peter Levashov. Pria yang di dunia maya dia terkenal dengan nama samaran “Severa” itu sering melakukan aksinya dengan aksi tipu-tipu.

Beberapa hal yang biasa ia dilakukan adalah membuat antivirus palsu dan kegiatan tipuan lainnya untuk menjebak pengguna komputer. Bahkan Peter Levashov termasuk 1 di antara 10 tukang spam paling berbahaya di dunia.

Baca Juga:

Penangkapan Peter Levashov ini didukung dengan banyak bukti digital, di antaranya adalah catatan server, chat Jabber, payment online, bahkan sampai ke akses iCloud. Dalam server Kelihos di Luksemburg tersebut juga sering menunjukkan akses ke akun email Levashov.

Pihak berwenang bekerja sama dengan Apple. Mereka meminta login IP Address yang sering digunakan tersebut, dan akhirnya menunjukkan keberadaan Peter Levashov. Mereka berhasil menangkap Peter Levashov dengan berbekal informasi tersebut.

via The Verge

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.