Cara Hapus File Other di iPhone dan iPad pada iOS 11

File others dan cache iOS biasanya sering dianggap sebagai file sampah di iPhone dan juga iPad. Namun jika file tersebut adalah file sampah, mengapa Apple tidak membiarkan pengguna menghapus file others dengan mudah?

Jawabannya adalah karena file other atau cahce tersebut adalah semacam serpihan file kecil yang berfungsi untuk mempercepat proses loading atau pengaksesan data oleh sebuah aplikasi.

Sebagai contoh, kamu membuka aplikasi WhatsApp sekarang. Otomatis aplikasi WhatsApp tersebut akan mengunduh file-file berupa riwayat percakapan dan lain sebagainya.

Karena semua file tersebut sudah diunduh dan disimpan dalam bentuk file others atau cache di iOS, maka aplikasi WhatsApp tidak perlu mengunduh riwayat percakapan tersebut dari awal. Cukup load saja semua file tersebut.

Hanya saja, kadang file others di iPhone dan iPad terlalu banyak dan membuat memori penyimpanan storage iPhone dan iPad jadi penuh. Lalu apa yang harus kamu lakukan?

Sebenarnya file others tersebut akan dihapus secara otomatis oleh sistem. Hanya saja, sistem iOS hanya akan menghapusnya ketika storage penyimpanan iPhone atau iPad sudah hampir penuh.

Untuk kamu yang ingin menghapus file Others dan cache iOS 11 secara manual di iPhone dan iPad, kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Pastikan storage iPhone atau iPad kamu sudah hampir penuh.
  2. Buka App Store dan download aplikasi atau games berukuran besar. Saya memilih game Infinity Blade III.
  3. Setelah itu, download aplikasi atau games tersebut.
    Cara Hapus File Other di iPhone dan iPad pada iOS 11
  4. Tunggu hingga sistem iOS memberikan peringatan bahwa storage iPhone atau iPad sudah penuh.
    Cara Hapus File Other di iPhone dan iPad pada iOS 11
  5. Proses pembatalan instalasi akan terjadi secara otomatis.
  6. Setelah itu, coba kamu buka home screen dan lihat apa yang terjadi.
    Cara Hapus File Other di iPhone dan iPad pada iOS 11
  7. Ya, beberapa aplikasi akan menampilkan tampilan “Cleaning” yang berarti ada proses pembersihan file others dan cache iOS 11.
  8. Sekarang coba cek sisa memori storage yang ada di iPhone atau iPad, pasti sudah bertambah.

Trik ini hanya efektif ketika memori storage di iPhone dan iPad sudah penuh. Meskipun tutorial ini adalah cara menghapus cache iOS 11 serta file others di iPhone dan iPad, kamu bisa menerapkan cara menghapus cache iPhone dan iPad ini di iOS 10 dan iOS 9.

Nah bagaimana menurutmu? Kamu punya cara menghapus cache iOS 11 lain yang lebih mudah seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga?

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.