Malware Berbahaya Siap Serang Mac Melalui Setting DNS

Apple benar-benar mendapatkan ujian berat terkait keamanan macOS. Setelah berkali-kali kecolongan dengan berbagai bug keamanan yang fatal, kini kabarnya ada malware baru yang cukup berbahaya yang siap menyerang komputer Mac dan MacBook.

Malware tersebut diketahui memiliki kode nama OSX/MaMi yang menyerang sistem operasi macOS melalui pengaturan DNS yang ada di komputer Mac. Tentu saja cara ini terbilang tidak biasa.

Dilansir dari The Hacker News, malware ini mirip dengan trojan DNSChange yang dulu sempat heboh pada tahun 2011 dan mengancam setidaknya 4 juta komputer di dunia.

Baca Juga:

Cara kerja penyebaran malware ini adalah dengan melakukan pemasangan root certificate, mengambil alih pengaturan DNS server dan selanjutnya mengarahkan kamu ke server untuk menyimpan data yang dikirim ke suatu tempat.

Beberapa data yang mungkin saja diambil oleh malware tersebut ialah password, mengambil gambar screenshot tampilan Mac, bahkan hingga bisa download script tertentu dan menjalankannya secara diam-diam.

Apakah komputer Mac atau MacBook kamu sudah kena malware OSX/MaMi tersebut? Kamu bisa cek di System Preferences – Network – Advanced – DNS dan pastikan tidak ada IP Address 82.163.143.135 dan 82.163.142.137 di sana. Jika ada, berarti komputer Mac milikmu sudah kena OSX/MaMi ini.

via The Hacker News

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.