Sutradara Star Wars: The Last Jedi Pakai MacBook Air Khusus yang Tak Bisa Diretas

Sudah bukan rahasia lagi jika berbagai orang-orang penting menggunakan produk yang sedikit berbeda dengan produk yang dirilis ke publik dan digunakan oleh kebanyakan orang. Mulai dari pebisnis hingga orang-orang di pemerintahan.

Salah satu orang yang menggunakan perangkat khusus ini adalah Rian Johnson, penulis dan sutradara film Star Wars: The Last Jedi. Dalam melakukan pekerjaannya, dia menggunakan MacBook Air khusus.

MacBook Air khusus ini dirancang agar jauh lebih aman sehingga tidak mudah untuk diretas. Sebagai seorang penulis dan sutradara film besar, tentu saja ini merupakan keunggulan yang tidak akan didapatkan di produk reguler pada umumnya.

Seperti yang kita tahu, bukan cuma pembajakan saja yang merajalela. Kini bocoran mengenai film yang belum dirilis saja kadang sudah muncul bocorannya dari sana sini. Tentu saja sang sutradara tidak ingin kecolongan.

Meski demikian, tidak dijelaskan secara rinci seperti apa MacBook Air khusus tersebut. Penjelasannya hanya MacBook Air tersebut tersimpan dengan aman di Pinewood Studios, tidak penah terhubung ke Internet, dan hanya digunakan untuk menulis skrip saja.

Tidak dijelaskan pula sistem operasi apa yang digunakan, apakah menggunakan macOS khusus atau macOS yang sama dengan versi publik. Sekedar informasi, Apple sering sekali kecolongan masalah keamanan di macOS High Sierra ini. Mulai dari bug root hingga yang terbaru bug akses App Store preference tanpa password.

via Gizmodo

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.