Apple Sudah Perbaiki Bug Intel KPTI Flaw di macOS

Akhir-akhir ini ada isu mengenai celah keamanan memori di kernel pada CPU dengan prosesor Intel. Tentu saja karena masalahnya ada di CPU, semua komputer dengan prosesor Intel otomatis menjadi korban, tanpa memandang sistem operasi atau platform yang digunakan.

Isu Kernel Page Table Isolation yang populer dengan nama Intel KPTI Flaw Issue ini juga menjangkit semua komputer Mac dan MacBook. Seperti yang kita ketahui, semua komputer Apple tersebut menggunakan prosesor dari Intel. Lalu sebenarnya seperti apa isu KPTI di prosesor Intel tersebut?

Intel KPTI Flaw Issue adalah celah keamanan kernel memori yang yang mampu menyebabkan data privasi pengguna bocor jika diserang oleh Malware. Data yang disimpan di kernel memori ini bisa berupa password, application keys, dan lain lain. Namun masalah ini bisa diperbaiki dengan perbaikan dari level sistem operasi atau platform.

Baca Juga:

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena seperti yang dilansir dari Apple Insider, Apple telah merilis perbaikan mengenai isu tersebut di macOS 10.13.2 yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tanpa penjelasan apapun dalam release notes ketika update tersebut dirilis ke publik.

Meskipun masih sebatas perbaikan parsial, namun seorang developer bernama Alex Ionescu mengatakan bahwa ia melihat ada tambahan tweak yang ada di macOS High Sierra 10.13.3 Beta yang juga tidak lain adalah perbaikan lain untuk mengatasi isu KPTI tersebut.

Meskipun bisa diperbaiki, namun perbaikan ini memberikan efek samping. Akan ada penurunan performa kinerja komputer ketika mendapatkan perbaikan update tersebut. Meskipun demikian, penurunan kinerja komputer ini tidak terlalu signifikan.

via Apple Insider, MacRumors

  Review iOS 12 Beta 8 Terbaru  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.