Update iOS 11.1 Bikin iPhone Lebih Hemat Baterai

Apakah kamu pernah mendapati error 3194 saat melakukan restore iPhone? Sebenarnya error 3194 ini sering muncul saat versi iOS sudah tidak lagi di-signed Apple, sudah expired, atau sekedar karena permasalahan koneksi antara client & host server saat proses restore.

Jika kamu mendapati error 3194 saat restore iPhone / iPad melalui iTunes, dan sudah berusaha memperbaikinya dengan berbagai cara tetapi tetap tidak berhasil juga — reset menjadi jalur akhir yang kamu pilih. Untuk mengembalikan data yang hilang setelah proses reset, kamu bisa memanfaatkan aplikasi file recovery pihak ketiga, seperti Wondershare dr.fone misalnya.

Di artikel ini MacPoin akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan Wondershare dr.fone untuk mengembalikan data iPhone yang hilang.

Pertama kamu tinggal hubungkan saja iPhone ke PC / Mac. Setelah itu buka dr.fone (jika belum punya silakan download dr.fone terlebih dahulu). Lalu pilih opsi Recover.

Mengembalikan Data iPhone yang Hilang Setelah Error 3194

NB: Sebelum menjalankan dr.fone, pastikan iTunes kamu adalah yang versi terbaru. Pastikan kamu close iTunes saat menjalankan dr.fone, atau untuk menghindari sinkronisasi otomatis, kamu bisa mematikan sementara fitur sinkronisasi iTunes selama pengembalian data ini melalui iTunes > Preferences > Devices, centang “Prevent iPods, iPhones, and iPads from syncing automatically”.

Setelah itu akan ada banyak opsi, kamu bisa centang data apa saja yang ingin kamu kembalikan. Kamu bisa mengembalikan Notes yang hilang, Messages, Attachment, Calendar, Safari bookmark, foto, video, dsb.

Mengembalikan Data iPhone yang Hilang Setelah Error 3194

Jika sudah tekan saja Start Scan. Proses scanning ini bakal memakan waktu cukup lama tergantung dari banyaknya data di iPhone kamu. Tapi kamu tidak perlu menunggu sampai tuntas. Jika di tengah proses kamu melihat data yang ingin kamu kembalikan sudah ditemukan, kamu bisa tekan Pause untuk menghentikan proses — atau tunggu sampai proses selesai jika ingin mengembalikan semua data yang hilang.

Mengembalikan Data iPhone yang Hilang Setelah Error 3194

Setiap data yang ditemukan bisa kamu preview. Swipe saja opsi filter, kemudian pastikan ubah opsi Only display the deleted items menjadi ON untuk menampilkan data yang hilang saja. Kamu juga bisa cari data melalui kolom pencarian.

Mengembalikan Data iPhone yang Hilang Setelah Error 3194

Jika sudah memilih data apa saja yang ingin dikembalikan, langsung saja tekan Recover to Computer. Tetapi untuk beberapa kategori data seperti SMS, iMessage, Contacts, ataupun Notes, saat kamu Recover akan ada dua opsi: Recover to Computer atau Recover to Device. Data yang berhasil dikembalikan akan tersimpan di komputer (PC / Mac) atau langsung ke iPhone, tergantung opsi mana yang kami pilih.

Nah itulah dia cara mengembalikan data iPhone yang hilang menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga Wondershare dr.fone. Bagi kamu yang punya tips lainnya, silakan bagikan di kolom komentar.