Home Tutorial Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu...

Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu Install

Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu Install

Mac dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan yang sangat banyak. Bahkan saat kamu pertama kali membelinya, kamu sudah bisa langsung menggunakannya untuk berbagai pekerjaan seperti mengolah dokumen, mengerjakan lembar kerja excel, membuat presentasi, browsing internet, dan lain-lain. Dengan berbagai macam dukungan aplikasi tambahan, kamu akan merasakan bahwa dengan aplikasi-aplikasi tambahan tersebut akan membuat kamu bisa berbuat lebih banyak dengan menggunakan Mac milikmu seperti membuat film hingga membuat aplikasi iOS, Android, dan aplikasi Mac lainnya.

Distribusi aplikasi Mac juga semakin nyaman berkat dukungan Mac App Store. Dengan toko aplikasi yang terpusat, maka pengguna akan merasakan kemudahan dan kenyamanan yang lebih. Kamu cukup membuka Mac App Store dan mencari aplikasi keinginanmu. Kamu tidak menemukannya? Tenang, kamu masih bisa mencari aplikasi pilihanmu dari sumber lain, yaitu internet.

Meskipun kamu bisa mengunduh dan memasang aplikasi dari luar Mac App Store, kenyataannya tidak menjamin kamu bisa menggunakannya. Ada beberapa kasus karena aplikasi tersebut tidak berasal dari developer yang terdaftar, maka aplikasi tersebut tidak bekerja di Mac. Akan ada peringatan untuk membuangnya ke tong sampah alias menghapusnya dari aplikasi terinstal.

Sebenarnya cara Apple ini sangat bermanfaat untuk menghindari berbagai masalah yang kira-kira akan didapatkan oleh pengguna. Ketika kita memasang aplikasi dari luar Mac App Store, Apple tidak memiliki kontrol terhadap aplikasi tersebut. Jika Mac milikmu mengalami masalah sistem dengan aplikasi, Apple akan lepas tangan. Namun pengembang punya hak untuk dipercaya oleh Apple. Oleh karena itu, Apple menganjurkan untuk mengajak pengembang terkenal untuk terdaftar sebagai pengembang yang dikenali Apple. Jadi aplikasi-aplikasi buatan pengembang terkenal seperti Adobe, Microsoft, dan Gameloft bisa kamu gunakan di Mac meskipun tidak diunduh dari Mac App Store.

Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu Install

Bagaimana dengan aplikasi lain dari pengembang yang tidak terdaftar? Kamu tentu tidak akan bisa menggunakannya. Pengembang-pengembang yang dikenal Apple adalah mereka yang sudah punya reputasi yang cukup untuk memastikan aplikasi buatan mereka aman dan terpercaya. Jika masih belum dikenali oleh Apple, maka Apple tidak menjamin aplikasi aman dan terpercaya.

Namun jika kamu benar-benar percaya akan aplikasi pihak ketiga yang masih belum dikenali, kamu tetap bisa menggunakannya meskipun dengan menggunakan sedikit trik. Tenang, bukan trik root apalagi hingga meretas sistem. Kamu cukup mengubah pengaturan yang ada di preferensi sistem. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Preferensi Sistem – Keamanan dan Privasi. Buka tab Umum.
  2. Kamu akan melihat pilihan untuk mengizinkan aplikasi yang diunduh dari mana saja. Namun untuk mengubahnya, kamu harus membuka kunci pengaturannya terlebih dahulu. Klik ikon gembok di bagian kiri bawah. Masuk dengan nama pengguna dan sandi milikmu.
    Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu Install
  3. Pilih izinkan app yang diunduh dari ke pilihan Mana pun. Kamu akan mendapati pesan peringatan. Baca baik-baik. Jika kamu yakin, maka silakan lanjutkan.
    Begini Caranya Jika Kamu Tidak Bisa Membuka Aplikasi Mac yang Baru Kamu Install

Dengan demikian, kamu sudah berhasil membuat Mac milikmu memasang aplikasi dari mana pun bahkan dari sumber yang tidak terpercaya sekalipun. Meskipun begitu, kamu harus benar-benar yakin aplikasi yang akan kamu pasang benar-benar aman.

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong