Home Editorial Mengapa Kamu Tidak Menemukan Aplikasi Favoritmu di Mac App Store?

Mengapa Kamu Tidak Menemukan Aplikasi Favoritmu di Mac App Store?

Mengapa Kamu Tidak Menemukan Aplikasi Favoritmu di Mac App Store?

Kamu pengguna baru Mac? Atau kamu adalah pengguna Mac yang sudah cukup lama menggunakan Mac? Ketika kamu membutuhkan berbagai jenis aplikasi atau permainan, ke manakah kamu akan berlari? Ke toko aplikasi pastinya. Bukan toko aplikasi fisik yang ada di pinggir jalan, tetapi yang dimaksud toko aplikasi di sini adalah Mac App Store. Mac App Store menyediakan banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan. Namun apakah kamu sadar bahwa tidak semua aplikasi bisa (atau bahkan menarik minat pengembangnya) masuk ke Mac App Store?

Meskipun kamu menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa kamu beli, unduh, dan gunakan dari Mac App Store, kenyataannya tidak demikian. Kamu tidak akan pernah menemukan aplikasi Android Studio, NetBeans IDE, atau bahkan Microsoft Office Suite di Mac App Store. Padahal Mac App Store berisi semua aplikasi Mac. Semua aplikasi Mac itu sama. Berbeda dengan Windows yang terdiri dari dua kategori, yaitu program desktop dan aplikasi Windows Store yang hanya bisa kamu temui di Windows Store. Mengapa di Mac berbeda? Bukankah jauh lebih nyaman menjual semua aplikasi ke Mac App Store?

Meskipun kita sebagai konsumen akan sangat terbantu dengan adanya Mac App Store, kenyataannya tidak begitu dengan para pengembang. Banyak dari pengembang masih menerapkan metode lama, yaitu menjual aplikasi mereka melalui situs web milik mereka. Sebut saja CleanMyMac, Adobe Photoshop, hingga Microsoft Office. Selain karena kebijakan Apple, tentu mereka punya alasan tersendiri mengapa mereka masih menjual aplikasi melalui situs web mereka. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa masih banyak pengembang yang menjual aplikasi melalui situs web milik mereka dan tidak menggunakan Mac App Store.

Keterbatasan Aplikasi

Salah satu kebijakan Apple yang bisa dikatakan “aneh” adalah kebijakan SandBox. Istilah tersebut secara singkat berarti segala sesuatu harus diatur secara ketat sehingga tidak keluar batas. Salah satu yang diatur dalam kebijakan sandbox ini adalah root permission. Fitur ini akan memungkinkan aplikasi masuk dan mengubah sistem. Aplikasi juga tidak boleh memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain. Semua aplikasi yang harus masuk ke Mac App Store tidak boleh memiliki sistem seperti ini. Oleh karena itulah kamu tidak akan pernah menemukan aplikasi aplikasi semacam Android Studio di Mac App Store.

Tidak Ada Trial

Trial memungkinkan pengguna untuk aplikasi dan permainan secara gratis untuk dicoba selama periode tertentu atau dengan fitur yang terbatas. Semua aplikasi yang ada di Mac App Store tidak boleh ada yang trial. Aplikasi harus dalam keadaan Gratis atau Berbayar. Jika pengembang ingin menerapkan sistem trial pada aplikasi mereka, mereka bisa membuat beberapa pilihan. Pertama dengan menggunakan sistem In App Purchase, yang kedua adalah dengan menerapkan sistem trial biasa namun menjual aplikasinya melalui situs web milik mereka sendiri atau situs web lainnya.

Semua Update Gratis

Masih ingat dengan kasus Microsoft Office di Windows? Misal kamu berhasil membeli dan memiliki lisensi Microsoft Office 2010, kamu tidak bisa mengunduh Microsoft Office 2013 secara gratis, Kamu harus membayar biaya lisensi upgrade dari Microsoft Office 2010 ke Microsoft Office 2013. Begitu juga saat kamu sudah menggunakan Microsoft Office 2013 dan ingin menggunakan Microsoft Office 2016.

Meskipun biaya upgrade jauh lebih murah, namun tetap saja hal itu menjadi sebuah masalah jika menjualnya di Mac App Store. Semua update yang ada di Mac App Store adalah gratis. Jika pengembang ingin membuat aplikasi yang mengharuskan pembayaran untuk setiap ada upgrade aplikasi, maka pengembang tidak akan menjualnya melalui Mac App Store.

Bagi Hasil

Meletakkan aplikasi berbayar di Mac App Store berarti harus bersiap-siap dengan sistem bagi hasil yang ada di Mac App Store. Misal kamu mendapati sebuah aplikasi seharga 75 Ribu, maka pengembang tidak akan mendapatkan uang seharga yang tertera di Mac App Store. Mereka harus berbagi uangnya dengan Apple seperti yang sudah tertera dalam kebijakan yang sudah mereka sepakati. Jadi jika pengembang ingin mendapatkan harga penuh dari penjualan aplikasi mereka, mereka tidak akan menjualnya melalui Mac App Store.

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong