Home Editorial Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Bagi kamu yang berencana untuk membeli iPhone 7 / iPhone 7 Plus, tentu diperhadapkan dengan pilihan yang sulit: Beli iPhone 7 atau iPhone 7 Plus? Untuk memudahkan kamu dalam memilih iPhone mana yang tepat untuk kamu, berikut ini MacPoin berikan detail penjelasan tentang perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Ukuran & Resolusi Layar

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?
images via forbes

Satu hal yang secara jelas membedakan dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus adalah ukuran layarnya. iPhone 7 memiliki ukuran layar 4.7 inch dengan 65.6% screen-to-body ratio, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki layar 5.5 inch dengan 67.7% screen-to-body ratio.

Ukuran layar yang berbeda ini juga membuat resolusi layar iPhone 7 vs iPhone 7 Plus sedikit berbeda. iPhone 7 memiliki resolusi layar 750 x 1334 px dengan 326 ppi, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki resolusi layar 1080 x 1920 px dengan 401 ppi.

Selain ukuran dan resolusi, teknologi layar iPhone 7 dan iPhone 7 Plus persis sama — dilengkapi dengan 3D touch, serta diproteksi oleh Ion-strengthened glass dan oleophobic coating.

Kamera Belakang

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?
images by phone arena

Perbedaan iPhone 7 dan 7 Plus lain yang jelas terlihat adalah kamera belajangnya. iPhone 7 hanya memiliki satu kamera belakang saja dengan sensor 12MP, f/1.8, 28mm, dan sudah dilengkapi OIS. Sedangkan iPhone 7 Plus memiliki dual kamera belakang yang masing-masing bersensor 12MP (28mm, f1/8, OIS, dan 56mm, f/2.8). Kamera iPhone 7 Plus ini dilengkapi dengan 2x optical zoom, dan bisa mengambil foto dengan efek bokeh

Untuk kamera depannya sama persis, yaitu menggunakan sensor 7MP, f/2.2, 32mm.

RAM

Dari sisi performa — iPhone 7 vs iPhone 7 plus juga berbeda. Hal ini karena iPhone 7 hanya dilengkapi dengan 2GB RAM, sedangkan iPhone 7 Plus dilengkapi 3GB RAM. Namun demikian prosesor keduanya sama persis, menggunakan Apple A10 Fusion.

Baterai

Ukuran yang lebih besar tentu menuntut kapasitas baterai yang lebih besar pula. Apple memahami hal ini, sehingga menanamkan kapasitas baterai yang berbeda pula antara iPhone 7 vs iPhone 7 Plus.

iPhone 7 dilengkapi dengan baterai 1960 mAh (7.45 Wh) yang diklaim mampu memberikan talk time hingga 14 jam, sedangkan iPhone 7 Plus dilengkapi baterai yang kebih besar — yaitu 2900 mAh dengan klaim talk time mencapai 21 jam.

Berat

Ukuran yang berbeda tentu memberikan berat yang berbeda pula. iPhone 7 Plus memiliki berat 188 gram, 50 gram lebih berat dari iPhone 7 yang hanya 138 gram saja.

Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?
images via todayonline

Tentu pilihan tergantung dari preferensi kamu. Bagi kamu yang nyaman dengan smartphone berukuran besar, iPhone 7 Plus bisa menjadi pilihan tepat. Selain ukuran layar yang lega, RAM lebih besar, resolusi layar dan densitas pixel lebih rapat, kamu juga bakal mendapatkan fitur dual kamera belakang dan baterai yang lebih awet dari iPhone 7.

Tetapi jika kamu tidak begitu menyukai smartphone berukuran besar, maka iPhone 7 adalah pilihan yang tepat. Meskipun kamu akan mendapati baterai lebih kecil, tanpa dual kamera belakang, dan resolusi layar serta kepadatan pixel lebih rendah — tetapi kamu juga bisa menebusnya dengan harga yang lebih murah.

Nah itulah dia detail perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Semoga informasi ini bisa memudahkan kamu untuk menentukan iPhone mana yang ingin kamu beli, apakah iPhone 7 atau iPhone 7 Plus.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.