Cara Membuat Partisi Disk di OS X

Seperti layaknya sistem operasi Windows, sistem operasi Mac OS X dan juga macOS telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan disk sekaligus membagi partisi serta membuat partisi baru di Mac dan MacBook sesuai dengan kebutuhan.

Satu partisi berisi sistem operasi Mac OS X, dan partisi lainnya berisi beragam file dan data pribadi kita. Dengan membuat dan membagi partisi menjadi banyak, maka akan membuat segalanya serasa lebih mudah dan lebih teratur.

Nah, di macOS sudah ada aplikasi ataupun tool yang memungkinkan kita untuk membuat partisi disk tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara menggunakannya pun juga cukup mudah.

Baca Juga:

Kita cukup membuka aplikasinya saja dan lakukan langkah-langkah mudah. Aplikasi Mac itu bernama Disk Utility atau Utilitas Disk.

Untuk membuat partisi baru serta membagi partisi yang sudah ada di Mac dan MacBook, lakukan tutorial mudah berikut ini :

  1. Buka utilitas disk di macOS yang ada di Mac dan MacBook. Kamu bisa mencarinya dari launchpad ataupun spotlight.
  2. Kamu akan melihat disk besar dari penyimpanan kamu. Biasanya bernama APPLE SSD atau sebagainya. Klik disk tersebut.
    Cara Membuat Partisi Disk di OS X
  3. Klik tombol β€œPartisi”.
  4. Klik tanda tambah (+) di bagian kiri bawah. Masukan informasi partisi baru yang kamu mau. Mulai dari nama partisi, format, dan ukuran partisi. Pastikan kamu menggunakan format OS X Diperluas (Terjurnal) bila ingin menggunakannya di OS X.
    Cara Membuat Partisi Disk di OS X
  5. Klik terapkan dan tunggu proses selesai.

Sangat mudah kan cara membagi partisi di Mac ini. Bagaimana dengan kamu? Kamu butuh berapa partisi?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin πŸ˜€

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.