Home Editorial Yakin Kamu Ingin Melakukan Jailbreak iOS? Ini Resikonya

Yakin Kamu Ingin Melakukan Jailbreak iOS? Ini Resikonya

Yakin Kamu Ingin Melakukan Jailbreak iOS?

IOS memang terkenal sebagai sistem operasi yang sangat tertutup. Segala sesuatu harus melalui izin dari Apple. Banyak pihak yang sangat menyayangkan keputusan ini. Namun Apple tentu saja mengambil keputusan ini untuk kebaikan para pengguna juga. Meskipun begitu, tetap banyak pihak yang menginginkan iOS bisa lebih “terbuka”. Terbukti, meskipun Apple sangat ketat mengatur iOS, sistem operasi iOS tetap bisa dijebol juga.

Jailbreak adalah istilah yang membuat iOS kehilangan segala keterbatasan. Jadi, kamu bisa menggunakan iOS layaknya sebuah sistem operasi bebas yang bisa dimodifikasi. Kamu bisa mendapatkan berbagai fitur yang tidak akan dimiliki oleh iOS versi resmi dari Apple. Namun dalam artikel ini tidak akan membahas bagaimana caranya untuk melakukan jailbreak, namun akan membahas segala risiko yang akan kamu hadapi jika melakukan jailbreak pada perangkat iOS milikmu.

Selamat Tinggal Garansi

Jailbreak adalah aktivitas yang ilegal. CATAT YA! ILEGAL. Ilegal berarti otomatis tidak akan direstui Apple. Karena tidak direstui oleh Apple, maka semua dukungan dari Apple akan hilang pula. Apple tidak akan lagi peduli dengan perangkatmu. Termasuk pula dengan garansi perangkatmu. Kamu punya dukungan AppleCare+ hingga beberapa tahun kedepan? Hangus sudah. Selamat Tinggal Garansi.

Keamanan dan Stabilitas

Jailbreak secara harfiah berarti merusak kurungan, kerangkeng, ataupun penjara. Maksudnya adalah menghancurkan segala sesuatu yang membuatnya bisa bebas. Jailbreak akan membuat perangkat iOS milikmu menjadi bebas, dan seakan-akan menjadi perangkat open source yang bisa dengan bebas dipermak dan dimodifikasi. Namun, jailbreak akan membuat keamanan di perangkat iOS milikmu menjadi terbuka.

Dengan terbukanya keamanan yang ada di iOS, perangkatmu akan lebih mudah terserang program jahat. Hal ini disebabkan karena kamu akan memiliki celah untuk memasang aplikasi bukan dari App Store. Aplikasi dari App Store terkenal jauh lebih aman. Meskipun program jahat tidak mesti selalu merusak perangkat secara langsung, bisa saja program tersebut mencuri semua informasi yang ada di perangkatmu, mulai dari informasi akun hingga informasi kartu kredit.

Stabilitas juga menjadi isu tersendiri. IOS yang sudah dikenai jailbreak akan jauh lebih mudah untuk mengalami kerusakan karena kesalahan program. Kamu akan lebih sering mendapati kesalahan dan error dibandingkan dengan perangkat iOS yang masih “perawan”. Kamu pasti lebih suka perangkat yang masih “perawan” dibandingkan yang sudah “dijebol” kan? 😀

Pembaruan iOS

Ketika kamu mungkin sedang menonton tayangan langsung WWDC Apple setiap tahun, kamu hanya akan bisa melihat teriakan dan sorakan para audience dan teman-temanmu ketika Apple sedang mempresentasikan fitur terbaru iOS yang akan segera dirilis. Kamu, pengguna iOS jailbroken, tidak akan mendapatkan fitur tersebut. Kecuali kamu harus menunggu pihak pembuat aplikasi jailbreak untuk segera merilis update untuk tool jailbreak milik mereka. Kamu tidak akan mendapatkan pembaruan iOS resmi dari Apple.

Punya Masalah? Jangan Tanya Apple

Jika kamu punya masalah akan perangkat iOS milikmu, jangan pernah tanyakan hal itu pada Apple. Apple tidak akan mungkin mau memberikan dukungan tersebut. Jika berani, silakan telepon Tim Cook mengenai masalahmu hehehe… Jika kamu mendapati masalah terhadap perangkatmu yang dijailbreak, kamu harus menanyakan di komunitas jailbreak tertentu. Dan jika memang masalah tersebut tidak bisa diatasi oleh pihak pembuat jailbreak, ya kamu pasrah saja menerima kenyataan. Kemungkinan terburuk adalah, perangkatmu rusak total. Coba kamu ke Apple Store atau pihak-pihak ritel resmi yang bekerja sama dengan Apple, mungkin saja mereka mau menerima perbaikan perangkat yang sudah dijailbreak.

Gratis? Kata Siapa?

Jika niat jailbreak kamu hanya semata-mata mendapatkan aplikasi dan konten secara “gratis”, kamu salah besar. Meskipun masih memungkinkan, namun nyatanya kebanyakan tool jailbreak yang ada di Store milik mereka berbayar dan tidak gratis. Jika kamu melihat tutorial dan video hasil jailbreak yang menampilkan iPhone super keren, kamu harus mencari tahu dulu apakah aplikasi yang digunakan itu gratis atau tidak. Jika berbayar, tentu saja kamu harus siapkan kartu kredit, dan tidak mungkin menggunakan kredit iTunes.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu masih ingin melakukan jailbreak?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode