Home Editorial TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

NB: Apps teks editor terbaik kamu mungkin berbeda tergantung kebutuhan dan keperluan kamu masing-masing.

Mac OS X dilengkapi dengan TextEdit sebagai aplikasi teks editor defaultnya, tetapi menurut saya dari segi fitur dan fleksibilitas, TextEdit masih terasa kurang powerful untuk memenuhi berbagai kebutuhan saya. Untuk itu saya sempat mencari berbagai macam teks editor yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan saya sebagai full time blogger & occasional web developer.

Setelah beberapa kali uji coba, akhirnya hati saya berlabuh pada TextMate untuk digunakan sebagai teks editor default di Mac OS X.

 

Ringan

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

Dibandingkan dengan teks editor lainnya, TextMate terbilang ringan. Aplikasi ini hanya mengkonsumsi resource RAM sebesar 23 MB saja dengan load CPU yang hampir 0. Cocok bagi saya yang resource RAM nya banyak habis untuk tab browser dikala melakukan research artikel.

 

Bersih

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

Sebagai full time blogger saya banyak menggunakan teks editor untuk menulis draft posting, dan setelah posting jadi maka draft tersebut akan langsung saya copy ke blog untuk kemudian dipublish. Hasil draft dari TextMate ini benar-benar bersih tanpa menyisakan format atau styling apapun ketika dicopy ke WordPress post editor.

 

Simple

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

Beberapa teks editor dibuat desain dan tampilan yang rumit, bahkan terasa kurang user friendly. Tetapi TextMate memiliki desain, tampilan, dan user experience yang simple – membuat siapapun yang baru pertama kali menggunakannya bisa langsung paham setiap fitur utama dan fungsinya.

 

Built-in Code Editor

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

Selain sebagai full time blogger, saya juga occasional web developer. Artinya dalam waktu-waktu tertentu terkadang saya butuh code ini code itu, atau edit code ini edit code itu, meskipun tidak sering dan tidak setiap hari – dan TextEdit ternyata bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Text editor ini sudah support terhadap PHP, Phyton, JavaScript, Ruby, dsb.

Jadi selain nyaman saya gunakan sebagai teks editor saat membuat draft posting, saya juga bisa dengan mudah otak-atik code dan menjadikannya sebagai code editor saat dibutuhkan.

 

Fitur Lengkap

TextMate: Aplikasi Teks Editor Terbaik untuk Mac OS X

Sebagai teks editor dan code editor yang ringan & simple, TextMate terbilang memiliki fitur yang sangat lengkap. Ada file browser yang memudahkan kamu untuk bernavigasi antar dokumen, built-in support terhadap berbagai macam bahasa pemrograman populer, bahkan juga macro dan commands.

 

Pre-release Free

TextEdit sebenarnya bukanlah aplikasi gratis. Versi final dari TextEdit dijual seharga 48.75 Euro, atau sekitar 727 ribu rupiah. Namun saat ini TextEdit versi 2.0 yang masih berstatus preview alias beta alias masih dalam tahap pengembangan bisa didownload dan dipakai dengan gratis.

Selama menggunakan TextEdit pre-release versionini saya belum pernah mengalami permasalahan apapun. Untuk itulah aplikasi ini saya pilih sebagai teks editor terbaik di Mac OS X sekaligus menjadi teks editor defaultnya. (Baca: Cara Mengubah Default Apps Saat Membuka File di Mac OS X)

 

Alternatif

Selain TextEdit masih ada banyak teks editor lain yang bisa kamu pilih, misalkan saja:

Jika saya memilih TextMate sebagai teks editor terbaik di Mac OS X, aplikasi apa yang menjadi pilihan kamu? Bagikan pendapat dan pilihan kamu disini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.