Home Basic Cara Reset Mac dan MacBook Jadi Seperti Baru Lagi

Cara Reset Mac dan MacBook Jadi Seperti Baru Lagi

Cara Reset Mac dan MacBook Jadi Seperti Baru Lagi

Memiliki Mac atau MacBook memang merupakan idaman banyak orang. Namun ada kalanya, kamu ingin menjual Mac atau MacBook milikmu, atau kamu hanya ingin melakukan reset macOS agar seolah-olah Mac dan MacBook kembali ke pengaturan pabrikan lagi.

Setelah reset Mac ataupun reset MacBook, maka kondisinya akan seperti baru lagi. Ya, tidak akan ada data apapun yang tertinggal di Mac milikmu. Bahkan kondisi macOS akan kembali segar dan fresh seperti baru lagi.

Untuk kamu yang ingin hard reset Mac dan MacBook, kamu bisa baca tutorial lengkap berikut ini.

 

Format Harddisk Mac dan MacBook

Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan reset atau format harddisk Mac. Setelah melakukan format harddisk, maka semua data yang ada di dalam Mac atau MacBook akan hilang.

Jika kamu punya beberapa partisi, kamu bisa menghapus semua data yang ada di partisi tersebut dan juga menggabungkan semua partisi dengan cara menghapus partisi tersebut dalam proses format.

Namun ingat! Semua data akan hilang. Jadi pastikan kamu sudah backup data Mac tersebut sebelum melakukan format harddisk Mac. Baca: Cara Backup Data Mac dan MacBook Dengan Time Machine.

Untuk bisa melakukan format harddisk Mac, kamu harus masuk ke Recovery Mode. Caranya adalah dengan mematikan Mac atau MacBook, lalu hidupkan. Ketika sudah terdengar suara booting, langsung tekan dan tahan Command + R hingga muncul logo Apple.

Cara Reset Mac dan MacBook Jadi Seperti Baru Lagi

Setelah masuk ke macOS Utilities, langsung masuk ke menu Disk Utility. Di sana, kamu bisa format disk, menghapus partisi, dan menyatukan partisi Mac dengan mudah.

Cara Reset Mac dan MacBook Jadi Seperti Baru Lagi

 

Install Ulang macOS

Setelah proses format harddisk Mac, tentu saja kamu harus install ulang macOS di Mac atau MacBook. Hal ini karena setelah proses format harddisk Mac, sistem operasi OS X atau macOS akan ikut terhapus.

Untuk melakukan install ulang, caranya juga sangat mudah. Ketika masih berada di Recovery Mode dan di bagian macOS Utilities pilih Install Ulang macOS atau Reinstall macOS.

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang mencukupi karena kamu akan melakukan proses download macOS dari server Apple. Proses install ulang macOS akan dilakukan ketika download sudah selesai. Tunggu hingga semua selesai. Baca: Cara Install Ulang Mac dan MacBook.

Bagaimana? Kamu sudah berhasil reset Mac dan MacBook menjadi seperti baru lagi?

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode