Home Basic Cara Mudah Cek Penggunaan RAM di iPhone dan iPad

Cara Mudah Cek Penggunaan RAM di iPhone dan iPad

Cara Mudah Cek Penggunaan RAM di iPhone dan iPad

Sistem operasi iOS memang memiliki manajemen penggunaan memori RAM yang lebih baik jika dibandingkan dengan platform Android. Tidak heran meskipun iPhone punya RAM yang lebih kecil, namun bisa bekerja dengan seoptimal layaknya Android dengan RAM besar.

Namun meskipun iOS punya kinerja yang lebih ringan dengan memori RAM kecil, kadang kita ingin tahu bagaimana cara melihat penggunaan RAM di iPhone dan juga iPad. Dengan bantuan aplikasi iOS dari App Store, kamu bisa melihat dan cek penggunaan RAM iPhone dan iPad dengan sangat mudah.

Baca Juga:

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa ikuti tutorial cek penggunaan memori RAM pada iPhone dan iPad di bawah ini:

  1. Download aplikasi iOS pihak ketiga di App Store. Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi iOS yang bisa memantau memori RAM di iPhone dan iPad, namun kali ini saya pakai Smart Memory.
  2. Buka aplikasi tersebut dan buka bagian penggunaan memori. Aplikasi Smart Memory sudah langsung menampilkan penggunaan memori RAM di perangkat iOS.
  3. Kamu akan melihat banyak sekali informasi memori RAM di perangkat iOS, seperti RAM total iPhone, memori RAM tersisa yang kosong, dan lain-lain.
    Cara Mudah Cek Penggunaan RAM di iPhone dan iPad
  4. Kamu bisa lihat bahwa penggunaan RAM akan terus berubah-ubah tergantung kamu dalam menggunakan perangkat iOS tersebut.

Berbeda dengan memori penyimpanan atau storage yang hanya akan penuh jika kamu menyimpan banyak file, memori RAM akan penuh ketika terlalu banyak aplikasi, program atau proses yang sedang berjalan karena proses tersebut membutuhkan memori.

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir dengan memori RAM pada iPhone atau iPad, karena meskipun kecil namun manajemen memori yang sangat bagus membuat kinerja perangkat iOS bisa terjaga dengan baik.

Bagaimana? Sudah tahu cara melihat penggunaan memori RAM di iPhone kan?

Bagikan artikel ini ke teman-temanmu ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode