Home iPad TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Ingin punya aplikasi peta atau map yang bisa kamu gunakan untuk panduan navigasi offline di smartphone? Kamu pasti akan berfikir untuk menggunakan Google Maps. Namun bukan rahasia lagi jika cakupan Google Maps agak terbatas jika digunakan secara offline. Untuk itu bagi kamu yang ingin salah satu aplikasi GPS terbaik di iPhone, kamu bisa mencoba TomTom GO Mobile

Jika Google Maps lebih terkenal dengan peta yang lengkap dan akurat, maka aplikasi TomTom ini lebih terkenal dengan fitur navigasi offline yang sangat bisa diandalkan. Memang sudah sejak dulu, TomTom membuat perangkat GPS dedicated dalam kendaraan, hingga akhirnya mereka merilis aplikasi ini untuk smartphone iOS dan Android.

Baca Juga:

Kamu bisa download gratis TomTom GO di iPhone dan iPad di App Store. Aplikasi TomTom GO Mobile ini juga tersedia versi untuk smartphone Android dengan nama TomTom GPS Navigation Traffic di Play Store. Kedua aplikasi ini sangat mirip, namun yang akan digunakan dalam review kali ini adalah review TomTom GO Mobile di iPhone saja.

Setelah install TomTom GO di iPhone, pertama kali ketika kamu buka aplikasinya akan muncul perintah untuk download peta offline. Ya, salah satu kelebihan dari TomTom GO Mobile ini adalah navigasi offline dengan menggunakan peta offline pula. Jadi, proses navigasi nanti kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan koneksi internet secara online lagi.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Peta Indonesia sudah termasuk dalam paket peta Asia Tenggara atau Southeast Asia. Jadi sudah termasuk negara-negara ASEAN lain seperti peta Singapura, peta Malaysia, peta Thailand, dan lain sebagainya. Ukurannya juga tidak terlalu besar untuk sebuah peta offline yang lengkap.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Setelah download peta offline, sekarang kamu disuruh untuk download panduan suara. Suara ini digunakan sebagai panduan belokan demi belokan ketika menggunakan TomTom GO Mobile untuk melakukan navigasi. Kamu bisa skip dengan menggunakan bahasa Inggris secara default, atau kamu bisa download bahasa Indonesia terlebih dahulu secara manual. Tenang, kamu bisa download gratis semua panduan suara tersebut.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Setelah berhasil download peta offline dan suara untuk navigasi, kamu sudah siap untuk menjalankan aplikasi TomTom GO Mobile. Kamu bisa akses peta offline dengan mulus, bahkan kamu bisa mencoba mematikan koneksi internet, semua peta Asia Tenggara bisa kamu akses dengan sangat cepat dan mudah.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Untuk kelengkapan data serta keakuratan peta di TomTom GO ini saya rasa sudah lebih dari cukup. Semua jalan-jalan utama di Indonesia bisa ditampilkan dengan sangat lengkap. Meskipun demikian, harus saya akui bahwa Google Maps tetap lebih baik untuk urusan kelengkapan data peta.

Tidak masalah, karena fungsi dan kelebihan utama TomTom GO Mobile ini ada pada kemampuan peta offline dan juga navigasi offline. Kamu bisa letakkan iPhone di dashboard mobil dengan bantuan holder, dan kamu sudah bisa mendapatkan alat bantu navigasi ala perangkat GPS dedicated dari TomTom.

Tampilan mode navigasi offline TomTom GO Mobile ini sangat sederhana. Hanya ada jarak tempuh ke tempat tujuan, kecepatan, panduan belokan dengan suara, kontrol zoom, dan yang paling bermanfaat adalah jarak ke tempat pengisian bahan bakar terdekat, jika sewaktu-waktu bahan bakar kendaraanmu sudah hampir habis.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Proses navigasi offline juga berjalan sangat lancar. Maklum saja, semua peta sudah diunduh jadi ya aksesnya lebih cepat ketimbang harus download secara langsung dan on-demand. Jadi kamu tinggal fokus pada petunjuk navigasi hingga sampai ke tempat tujuanmu. Tampilan juga bisa diubah, seperti 3D atau 2D, dark mode atau normal, dan lain sebagainya.

TomTom GO: Aplikasi GPS Terbaik Untuk Navigasi Offline

Oh ya, dengan versi gratisnya kamu bisa berkendara hingga 50 mile (sekitar 80 KM) setiap bulannya, sedangkan untuk berkendara tanpa batasan jumlah jarak, kamu diharuskan upgrade in-app purchases seharga 269 ribu per tahun, atau 75 ribu jika kamu ingin membayar bulanan.

Aplikasi navigasi lain yang punya fitur navigasi offline di iPhone dan iPad adalah HERE WeGO, atau yang dulu bernama HERE Maps yang merupakan salah satu aplikasi eksklusif Windows Phone, yang pada akhirnya dirilis juga ke iOS dan Android.

Punya aplikasi favorit lain untuk bernavigasi secara offline di iPhone / iPad? Bagikan di kolom komentar, dan jangan lupa follow akun MacPoin 😀

 Download TomTom GO Mobile 

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode