Home Mac Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Pengguna Mac dan MacBook jaman now mungkin tidak begitu mengenal aplikasi kalender yang bernama Fantastical. Ya, aplikasi kalender Fantastical adalah salah satu aplikasi kalender terbaik ketika pertama kali diperkenalkan.

Kala itu, aplikasi kalender Mac OS X yang masih bernama iCal punya desain yang sedikit jelek, serta fitur yang tidak terlalu lengkap. Ya, iCal tidak terlalu bisa diandalkan.

Baca Juga:

Kebutuhan akan aplikasi kalender yang baik dan bisa diandalkan akhirnya terjawab dengan kehadiran Fantastical, sebuah aplikasi yang “cuma” bisa diakses dari Menu Bar di OS X.

Kini, Fantastical sudah diupdate ke versi 2, Fantastical 2. Selain membawa tampilan dengan desain flat ala OS X Yosemite, Fantastical 2 juga berubah menjadi aplikasi sejati, bukan lagi sebuah aplikasi mini di menu bar.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Meskipun kalender di macOS ini bisa dibilang jauh lebih baik dari sebelumnya, namun penggemar yang sudah nyaman dengan Fantastical tetap memilih menggunakan Fantastical 2.

Apalagi Fantastical 2 juga membawa banyak sekali fitur baru yang revolusioner, seperti natural language processing, membuat penggemar Fantastical 2 semakin setia. Tahukah kamu kalau banderol harga Fantastical 2 adalah Rp 739 ribu di App Store.

Untuk itu, MacPoin berkesempatan untuk sedikit memberikan review Fantastical 2 di Mac dan MacBook ini. Seperti apa sih aplikasi ini?

 

Install Fantastical 2

Kamu bisa download aplikasi Fantastical 2 dari App Store atau beli langsung di situs resmi Flexibits. Setelah berhasil terinstal di Mac atau MacBook, langsung saja buka aplikasi Fantastical 2 ini.

Pertama kali kamu membuka Fantastical 2, kamu masih belum bisa menggunakan aplikasi ini secara langsung. Perlu beberapa setup sebelum kamu menggunakannya.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Fantastical 2 membutuhkan beberapa akses ke sistem seperti akses kontak, lokasi, pengingat, dan tentu saja akses ke kalender Mac. Agar fungsi bisa bekerja maksimal, izinkan semua akses tersebut.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Berikutnya, kamu bisa menambahkan akun apa saja yang akan digunakan dalam kalender Fantastical 2. Pilih saja sesuai kebutuhan, atau pilih semua agar tidak ribet ke depannya.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Jika semua setup sudah selesai, berarti kamu sudah siap untuk menggunakan Fantastical 2 for Mac ini.

 

Review Fitur Fantastical 2

Fitur utama yang sejak dulu menjadi andalan Fantastical 2 adalah akses kalender langsung dari menu bar di OS X atau macOS. Kamu bisa lihat ikon Fantastical 2 di bagian kanan menu bar. Klik sekali dan kamu akan bisa melihat aplikasinya.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Tampilan kalender yang sederhana dan mudah diakses. Bayangkan jika kamu harus selalu membuka aplikasi kalender. Tentu saja akses langsung dari Menu Bar seperti ini akan jauh lebih mudah dan cepat.

Fitur kedua yang menjadi andalan adalah natural language processing. Ya, kamu bisa membuat appointment, reminder, dan lain-lain di Fantastical 2 dengan menggunakan perintah yang sangat natural.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Cukup ketik saja apa yang kamu inginkan. Aplikasi Fantastical 2 akan menerjemahkan kata-kata tersebut ke dalam kalender. Sejauh ini, aplikasi ini bisa menerjemahkan perintah secara tepat ke kalender.

Jika kamu dulu sudah menjadi pengguna Fantastical, maka kamu akan ingat bahwa dulu aplikasi Fantastical ini hanya sebatas aplikasi mini di menu bar Mac. Di versi Fantastical 2 ini, kamu akan mendapatkan aplikasi penuh, bukan cuma aplikasi mini.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac
via MakeUseOf

Untuk tampilannya sendiri memang mirip dengan aplikasi kalender di OS X Yosemite maupun macOS terbaru. Namun secara sekilas, Fantastical 2 punya panel tersendiri yang menampilkan semua jadwal di kalender.

Review Fantastical 2: Aplikasi Kalender Terbaik Mac

Selain itu, fitur dan tampilannya tidak jauh berbeda. Kamu tetap bisa mendapatkan tampilan hari, minggu, bulan, tahun. Kamu juga bisa menambah acara di kalender, baik secara manual maupun menggunakan bahasa natural seperti di menu bar.

 

Kesimpulan

Untuk sebuah aplikasi kalender, Fantastical 2 for Mac ini memang sangat bisa diandalkan. Fitur menarik yang selalu membuat saya terkesan adalah pemrosesan bahasa natural yang terkesan sangat alami.

Namun apa mau dikata, harga aplikasi Fantastical 2 sangat mahal. Di App Store dibanderol dengan harga Rp 739 ribu. Tentu saja sangat mahal untuk sebuah aplikasi kalender.

Bagaimana menurutmu? Kamu lebih suka aplikasi kalender bawaan, atau aplikasi pihak ketiga lain seperti Fantastical 2 for Mac ini?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode