Home Accesories Mengenal AirPower – Wireless Charging Spesial Buatan Apple

Mengenal AirPower – Wireless Charging Spesial Buatan Apple

via MacWorld

Akhir-akhir ini kamu mungkin sering mendengar istilah AirPower. Apa sih itu? Secara singkat, AirPower adalah aksesoris Wireless Charging baru dari Apple yang diklaim mampu ‘membereskan’ kekacauan kabel charging saat kamu mengisi daya tiga perangkat sekaligus: iPhone, Apple Watch, dan AirPods. Penasaran dengan AirPower? Simak artikel berikut!

 

Apa itu AirPower?

via Macworld

AirPower adalah sebuah pad wireless charging. Ada beberapa pad wireless charging di pasaran, tapi sebelum iPhone 8 dan iPhone X, kamu harus menggunakan case khusus di iPhone kamu untuk merasakan fitur wireless charging ini. Sekarang tidak lagi. Karena iPhone 8 dan iPhone X sudah mendukung wireless charging, maka kamu tinggal menaruh saja perangkat kamu di pad yang keren ini.

 

Bagaimana Cara Kerja AirPower?

Tempatkan AirPower di meja atau di mana saja kamu ingin melakukan charging, lalu tancapkan kabel dayanya ke sumber listrik. Untuk mengisi perangkatmu, maka letakkan perangkat yang support wireless charging (dalam hal ini: iPhone 8, iPhone X, atau Apple Watch – atau ketiganya).

AirPower menggunakan sistem induksi, yang mana sebuah medan elektromagnetik akan tercipta dan digunakan mentransmisikan daya dari AirPower ke perangkat. Saat kamu meletakkan perangkat di atas AirPower, maka perangkat akan menerima sinyal dari pad tersebut dan akan mengonversi daya magnet menjadi daya listrik untuk diisikan ke baterai.

 

 

Serba-Serbi AirPower

Supaya tidak keliru, kamu perlu memperhatikan beberapa trivia berikut:

  1. Saat ini hanya tiga iPhone yang bekerja dengan AirPower: iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Ketiga iPhone ini merupakan perangkat yang memiliki hardware pendukung fitur wireless charging.
  2. iPad terbaru masih belum kompatibel dengan AirPower.
  3. Untuk Apple Watch, hampir semua seri mendukung AirPower, lengkapnya: original Apple Watch, Apple Watch Series 2 Apple Watch Edition, Apple Watch Hermes, Apple Watch Nike+, dan tentu saja Apple Watch Series 3.
  4. Hanya Airpod terbaru yang mendukung AirPower. Airpod produksi tahun lalu tidak mendukung perangkat charging ini
  5. Rata-rata perangkat yang mendukung Qi, dapat diisi juga dengan AirPower. Jadi jika kamu juga memiliki smartphone high end modern seperti Samsung Galaxy S7, LG G6, dan perangkat lain yang mendukung wireless charging, kamu dapat mengisinya juga di perangkat ini.
  6. Untuk harga, Apple belum mengeluarkan rilisan resmi
  7. Apple mengatakan bahwa perangkat ini bakal tersedia akhir 2018 nanti.

 

Penutup

AirPower bukan hanya mendukung wireless charging untuk tiga perangkat terbaru, yaitu iPhone 8, iPhone X, dan Apple Watch Series 3, tapi juga bisa digunakan untuk perangkat OS lain yang juga mendukung wireless charging. Jadi ini merupakan investasi yang cukup menarik – Terutama jika kamu menggunakan dua daily driver dari OS yang berbeda.

Tertarik memiliki AirPower? Pantau terus infonya di Macpoin!

 

Sumber: Macworld

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I'm into introversion.. Totally!..