Home iPhone Inilah Alasan Face ID di iPhone X Gagal di Apple Event

Inilah Alasan Face ID di iPhone X Gagal di Apple Event

Inilah Alasan Face ID di iPhone X Gagal di Apple Event

Mungkin akhir-akhir ini sering mendengar kabar bahwa Face ID di iPhone X tidak bagus karena gagal ketika presentasi keynote di Apple Event. Komentar “Face ID Fail” mulai banyak bertebaran. Apakah benar Face ID di iPhone X ini benar-benar fail seperti kata orang?

Setelah merilis Touch ID, sebuah teknologi keamanan yang memanfaatkan biometrik berupa sidik jari, kini Apple merilis Face ID yang memanfaatkan biometrik berupa bentuk wajah pengguna iPhone.

Baca Juga:

Dengan beragam teknologi canggih yang memanfaatkan kecerdasan buatan, hardware kamera dan sensor lain di bagian depan, kamu bisa membuka iPhone dengan cara menatap layar iPhone saja.

Hanya saja, ketika memperkenalkan Face ID di dalam demo yang berlangsung dalam acara Apple Special Event tanggal 12 September 2017 kemarin, Face ID sempat gagal ketika diuji dan diperlihatkan.

Muncul banyak tanggapan negatif dari banyak media dan tentu saja dari Apple Fanboy dalam bentuk rasa kecewa. Mereka mulai tidak yakin jika fitur Face ID tidak mampu berjalan dengan baik saat produk dijual nanti.

Dilansir dari iClarified, Apple sudah memberikan pernyataan klarifikasi tentang isu dan masalah Face ID tersebut. Menurut Apple, masalah ini bukan murni dari Face ID di iPhone X tersebut.

iPhone X tersebut dibawa oleh beberapa tim panggung ketika dalam persiapan di Apple Event. Tanpa sadar ternyata ada orang yang mengarahkan iPhone X ke wajah dan membuat proses autentifikasi Face ID tidak mengenali orang tersebut.

Hal ini membuat Face ID mematikan fitur secara otomatis dan pengguna harus memasukkan Passcode Lock. Kamu tidak percaya? Untuk kamu yang menggunakan iPhone dengan Touch ID, kamu bisa buktikan sendiri.

Misalnya kamu hanya mendaftarkan jempol kanan untuk unlock iPhone, tentu saja kamu hanya akan bisa menggunakan jempol kananmu untuk proses unlock. Kamu tidak akan bisa unlock iPhone dengan menggunakan sidik jari lain.

Coba kamu paksa unlock iPhone dengan sidik jari lain meskipun gagal unlock. Lakukan terus sampai lebih dari 5 kali gagal. Setelah lebih dari 5 kali gagal, coba unlock dengan jempol kananmu yang sudah kamu daftarkan. Apakah bisa? Tidak akan bisa!

Ketika sudah lima kali gagal, maka kamu tidak akan bisa lagi menggunakan Touch ID. Kamu harus menggunakan Passcode untuk unlock iPhone. Terbukti dengan keterangan tulisan berikut ini.

Inilah Alasan Face ID di iPhone X Gagal di Apple Event

Nah, hal yang sama juga terjadi pada Face ID di iPhone X ini. Ada orang yang secara tidak sengaja mengarahkan wajah di iPhone X ketika mempersiapkan set panggung untuk presentasi.

Karena hanya mengenali wajah Craig Federighi saja, iPhone X tidak mau unlock menggunakan Face ID. Tanpa sadar, proses tersebut sudah lebih dari 5 kali dan menyebabkan pengguna hanya bisa menggunakan Passcode, yang ditandai dengan keterangan seperti di bawah ini.

Inilah Alasan Face ID di iPhone X Gagal di Apple Event

Faktanya, Face ID ini terbilang punya kinerja yang cepat. Hal ini bisa dibuktikan oleh banyak orang di pameran perangkat baru di ruangan showroom, yang dibuka setelah event Apple tersebut selesai.

Bagaimana menurutmu?

via iClarified

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode