Home Mac Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Mengatur jendela aplikasi Mac OS X atau macOS bisa kamu lakukan dengan mudah, entah itu dengan kontrol jendela bawaan maupun dengan bantuan aplikasi Mac pihak ketiga. Lebih suka yang mana?

Kontrol jendela bawaan Mac hanya bisa mengubah tampilan Minimize dan Full Screen saja. Kamu bisa maximize dengan cara double klik di bagian title bar. Bagaimana dengan kontrol split windows seperti di Windows?

Baca Juga:

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Magnet atau Window Tidy. Untuk cara menggunakan Magnet, MacPoin sudah pernah membahasnya di dalam artikel terpisah di sini -> Baca: Cara Split Screen Window di Mac Menggunakan Magnet

Kali ini kita akan coba menggunakan Window Tidy yang memiliki fungsi serupa namun berbeda dalam cara menggunakannya. Seperti apa sih aplikasi Windows Tidy itu? Apakah bisa mengatur jendela aplikasi Mac dengan mudah dan praktis?

Pertama tentu saja kamu harus install dulu Window Tidy ke Mac atau MacBook. Aplikasi ini kompatibel dengan OS X atau macOS terbaru sekalipun, dan bisa kamu dapatkan langsung di App Store.

Setelah terinstal, mungkin kamu harus mengatur dulu pengaturan aksesibilitas di pengaturan atau preferensi sistem. Langsung saja lakukan seperti yang ada di dalam panduan aplikasi.

Setelah itu, Window Tidy akan langsung aktif dan bisa langsung kamu gunakan. Untuk mengaktifkan panel bantuan untuk mengatur jendela aplikasi Mac, coba drag aplikasi tersebut.

Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Kamu akan melihat ada panel untuk membantu kamu mengatur jendela. Ada split kanan, split kiri, tampilan maximize, dan juga tampilan di tengah. Kamu bisa coba-coba untuk mencari jendela seperti apa yang cocok untuk digunakan di aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Setelah selesai, kamu akan melihat aplikasi Mac akan langsung menjadi tampilan yang kamu pilih. Sangat mudah dan praktis kan?

Cara Mudah Atur Jendela Aplikasi Mac Pakai Window Tidy

Cara ini terbilang sedikit lebih mudah dari menggunakan aplikasi Magnet yang cenderung mirip dengan Windows 10, yaitu dengan melakukan drag aplikasi ke samping kanan untuk split kanan, ke kiri untuk split kiri, dan ke atas untuk maximize.

Ini cuma masalah selera saja. Saya sih pakai kombinasi keduanya. Jadi saya bisa pakai cara menggunakan Window Tidy, tapi juga bisa melakukan drag ke pojok-pojok jendela menggunakan Magnet.

Bagaimana? Sudah coba?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong