Home Basic 5 Cara Mengatasi Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri

5 Cara Mengatasi Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri

5 Cara Mengatasi Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri

Mac dan MacBook kadang mengalami masalah seperti sering mati mendadak dengan sendirinya. Kadang perlu beberapa waktu sebelum bisa dinyalakan lagi karena masih belum mau menyala. Apakah masalah ini merupakan kerusakan yang serius.

Belum tentu, bisa jadi masalah Mac atau MacBook sering mati mendadak ini hanya karena masalah software ringan yang bisa diperbaiki dengan mudah. Kamu masih bisa memperbaiki masalah ini sendiri.

Namun jika sudah termasuk kerusakan hardware, mau tidak mau kamu harus membawanya ke tempat reparasi untuk mendapatkan perbaikan, atau bahkan penggantian komponen di Mac atau MacBook kamu.

Kamu bisa coba beberapa tips dan tutorial berikut ini untuk mencoba memperbaiki sendiri masalah Mac atau MacBook yang sering mati mendadak.

 

Coba Jalankan Safe Mode

Jika Mac atau MacBook sering mati mendadak ketika sedang menjalankan boot normal, coba jalankan OS X atau macOS ke safe mode. Booting ke Safe Mode bisa mengisolasi semua masalah software yang bisa menyebabkan Mac mati sendiri.

5 Cara Mengatasi Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri

Proses booting ke Safe Mode bisa lama karena Mac OS X atau macOS melakukan berbagai aktivitas seperti memverifikasi disk dan lain sebagainya. Jika sudah berhasil booting dan kamu ingin keluar dari Safe Mode, cukup restart Mac dan jangan tekan tombol apapun.

Jika Mac tidak mati sendiri ketika kamu masuk ke Safe Mode, berarti memang ada kerusakan di software tertentu. Namun jika masih sering mati sendiri, bisa jadi ada kerusakan hardware.

Untuk bisa masuk ke Safe Mode di Mac atau MacBook, kamu bisa ikuti tutorial mudah di artikel ini. Baca: Cara Masuk ke Safe Mode di OS X atau macOS.

 

Perbaiki Disk di Recovery Mode

Cara lain yang bisa kamu coba adalah melakukan perbaikan disk melalui Recovery Mode. Mungkin saja memang ada kesalahan di startup disk yang menyebabkan Mac sering mati sendiri.

5 Cara Mengatasi Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri

Untuk bisa masuk ke Recovery Mode di Mac atau MacBook dan memperbaiki disk, kamu bisa baca artikel berikut ini. Baca: Cara Masuk Recovery Mode di Mac atau MacBook.

 

Jalankan Apple Diagnostics atau Hardware Test

Apple Hardware Test atau Apple Diagnostics adalah metode Apple untuk mendeteksi apakah ada kerusakan hardware di perangkat komputer Apple. Jika ada kerusakan, kamu bisa langsung mengetahuinya.

Kamu bisa membaca informasi lengkap mengenai Apple Hardware Test atau Apple Diagnostics di artikel terpisah berikut ini Baca: Cara Cek Kerusakan Hardware Mac dengan Apple Diagnostics

 

Install Ulang Mac

Cara paling mudah untuk bisa memperbaiki masalah di Mac dan MacBook adalah dengan melakukan install ulang macOS dari awal. Sama seperti PC atau laptop Windows, setelah install ulang pasti akan terasa lebih segar dan cepat.

Kamu bisa membaca tutorial cara install ulang Mac atau MacBook di artikel terpisah berikut ini. Baca: Cara Install Ulang Mac atau MacBook.

 

Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah Mac atau MacBook yang sering mati mendadak, berarti memang ada masalah di bagian hardware. Kamu bisa bawa ke service center untuk mendapatkan perbaikan. Baca: Cara Mencari dan Mengetahui Service Center Apple di Indonesia.

Bagaimana? Kamu masih mengalami masalah ini di Mac dan MacBook kamu?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong