Home Basic Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai

Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai

Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai

Baterai adalah salah satu komponen penting yang ada di laptop, termasuk juga MacBook. Tanpa baterai, kamu tidak akan punya sumber energi untuk menyalakan MacBook. Jika baterai habis, cukup charge dan isi baterai hingga penuh.

Namun terkadang baterai MacBook tidak bisa dicas. Meskipun sudah disambungkan ke sumber listrik, namun baterai tidak bertambah. Ternyata ada beberapa penyebab mengapa kadang MacBook tidak bisa ngecas.

Baca Juga:

Selain masalah di sumber masukan listrik, masalah juga bisa timbul di charger tersebut. Untuk lebih lengkapnya, yuk baca tips dan trik berikut ini.

 

Masalah Sumber Listrik

Penyebab pertama mengapa MacBook tidak bisa ngecas adalah karena sumber listrik terlalu kecil. Seperti yang kita ketahui, MagSafe membutuhkan masukan sumber daya yang cukup besar untuk bisa mengisi baterai MacBook.

Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai

Pengalaman saya ketika itu ngecas MacBook dengan menggunakan sumber listrik yang berasal dari power supply. Baru mengisi baterai beberapa menit, lampu indikator MagSafe mati dan baterai tidak bertambah. Setelah kembali menggunakan sumber listrik lain, baterai bisa terisi.

 

Masalah Konektor atau Port MagSafe

Kepala konektor juga bisa menjadi penyebab mengapa MacBook tidak mau mengisi daya baterai. Jika ada kotoran atau sesuatu yang menghambat arus listrik yang masuk, tentu saja juga akan mengganggu proses cas baterai.

Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai

Pengalaman saya dulu pernah ada beberapa butir pasir masuk ke port MagSafe. MacBook tidak mau ngecas. Akhirnya setelah dibersihkan sampai bersih, MagSafe kembali berfungsi dengan normal.

 

Coba Pakai Charger Lain

Jika kedua tips di atas masih belum berhasil, kamu mungkin bisa coba untuk menggunakan charger lain. Jika kamu tidak punya charger MacBook lain, kamu bisa coba untuk meminjam punya teman.

Jika ketika kamu menggunakan charger lain tidak ada masalah, berarti ada kerusakan di charger milikmu. Itu artinya mau tidak mau kamu harus segera membeli charger MacBook yang baru.

 

MacBook Rusak? Bawa ke Service Center

Jika menggunakan charger lain masih tidak mau ngecas, kemungkinan ada kerusakan di MacBook. Kamu harus segera membawa MacBook ke service center untuk segera mendapatkan perbaikan.

Jika kamu masih punya masa garansi untuk MacBook, maka kamu bisa ajukan klaim untuk bisa mendapatkan perbaikan atau penggantian produk secara gratis, jika memang ada kecacatan produksi.

Bagaimana? Masih punya masalah mengisi daya baterai MacBook?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong