Home Basic Cara Test Warna Tinta Printer di Mac dan MacBook

Cara Test Warna Tinta Printer di Mac dan MacBook

Cara Test Warna Tinta Printer di Mac dan MacBook

Ketika kamu mengalami masalah tinta printer, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Mulai dari cleaning printer dengan membersihkan kepala pencetak hingga mengganti cartridge.

Untuk menguji dan mengetes apakah masalah warna tinta sudah beres, biasanya kita mencoba mencetak print page test atau nozzle check pattern, sebuah halaman yang sangat umum untuk mengetes printer.

Baca Juga:

Biasanya halaman ini bisa kamu akses di software bawaan printer yang hadir di CD bawaan atau DVD. Lalu bagaimana cara mencetak print page test di Mac dan MacBook yang tidak ada software printer bawaan di CD atau DVD?

Ternyata di pengaturan printer sendiri sudah disediakan test printer. Ya, sistem Mac OS X atau macOS sudah menyediakan software yang bisa digunakan oleh banyak printer untuk berbagai keperluan.

Untuk menguji dan melakukan test printer di Mac dan MacBook, kamu bisa buka System Preference lalu buka menu Printer. Di sana kamu akan menemukan printer apa saja yang tersambung ke Mac kamu.

Kamu bisa melakukan proses cleaning printer terlebih dahulu sebelum melakukan proses test printer. Hal ini untuk memastikan aliran tinta tidak macet dan semua warna tinta printer bisa mengalir dengan lancar.

Cara Test Warna Tinta Printer di Mac dan MacBook

Namun jika kamu mau langsung ke halaman print test page atau nozzle check pattern, kamu bisa langsung. Proses ini akan mencetak pola tertentu dan menampilkan hasil perbandingan cetakan normal dengan cetakan yang bermasalah.

Cara Test Warna Tinta Printer di Mac dan MacBook

Jika hasil cetakan nozzle check pattern yang kamu hasilkan normal, maka tidak ada masalah di tinta printer kamu. Jika ada masalah, bisa jadi tinta printer yang habis atau ada masalah lain yang membutuhkan proses cleaning printer.

Di printer Canon, kamu bisa langsung membersihkan dengan klik tombol Cleaning. Jika tidak ada masalah di nozzle check pattern ini, langsung saja klik OK untuk keluar.

Bagaimana? Sudah coba tes warna tinta di printer menggunakan Mac dan MacBook?

Jangan lupa untuk membagikan pengalamanmu di kolom komentar ya 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong