Home Basic Cara Mengecek Sisa Tinta Printer di Mac dan MacBook

Cara Mengecek Sisa Tinta Printer di Mac dan MacBook

Cara Mengecek Sisa Tinta Printer di Mac dan MacBook
via Apple

Pengguna PC dan laptop Windows bisa dengan mudah melihat dan mengetahui sisa tinta printer dengan menggunakan software tambahan dari printer. Misalnya Canon, Epson dan HP punya software sendiri untuk membantu pengguna. Bagaimana untuk kamu pengguna komputer Apple Mac dan MacBook?

Menurut pengalaman saya yang menggunakan Canon iP2770 tidak ada software printer untuk Mac OS X atau macOS di dalam CD bawaan. Namun ternyata, kamu bisa melihat sisa tinta printer secara langsung di pengaturan printer tanpa perlu install software apapun.

Baca Juga:

Cukup sambungkan printer ke komputer Mac atau MacBook. Di bagian System Preference, cari Printer. Di pengaturan Printer tersebut, pastikan printer sudah terbaca di sana. Biasanya ketika disambungkan, printer akan langsung terbaca dan terdeteksi.

Cara Mengecek Sisa Tinta Printer di Mac dan MacBook

Kamu akan menemukan pilihan Options & Supplies di sana. Klik untuk menampilkan beragam pilihan seperti utilitas dan informasi printer. Isi dari pengaturan ini mungkin berbeda di setiap printer.

Cara Mengecek Sisa Tinta Printer di Mac dan MacBook

Di sana kamu akan menemukan tab Supply Levels. Di bagian inilah kamu bisa mengecek sisa tinta printer kamu. Informasi yang diberikan cukup lengkap namun ditampilkan dengan tampilan yang cukup sederhana.

Jika kamu merasa tinta printer macet, kamu bisa mengecek terlebih dahulu di sini. Siapa tahu tinta printer memang sudah habis dan harus diganti. Bukan cuma mengecek tinta hitam saja, namun juga tinta berwarna.

Seingat saya dulu, di Windows saya membutuhkan software tambahan untuk bisa melihat sisa tinta. Software Canon tersebut memang memberikan informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan informasi yang ada di pengaturan printer Mac OS X atau macOS ini.

Namun jika tujuan kita hanya sekedar mengecek tinta printer, maka pengaturan ini sudah lebih dari cukup. Sejauh pengalaman saya menggunakan printer Canon ini, akurasi pembacaan data sisa tinta cukup akurat.

Bagaimana? Kamu sudah coba tips dan cara di artikel ini?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong