Home News Di iPhone 8, Cukup Menatap iPhone untuk Mematikan Notifikasi

Di iPhone 8, Cukup Menatap iPhone untuk Mematikan Notifikasi

HomePod Punya Bukti Ada Fitur Pengenal Wajah iPhone 8

Dalam beberapa rumor sebelumnya, sudah diungkap bahwa iPhone 8 akan menggunakan kamera depan dengan sensor 3D yang memungkinkan pengenalan wajah untuk membuka lockscreen. Fitur ini digadang-gadang akan menggantikan kebutuhan pengguna akan Touch ID yang dipelopori oleh Apple sejak era iPhone 5S.

Referensi kode yang diungkap ke media sosial menunjukkan bahwa iPhone terbaru dengan layar AMOLED ini akan memanfaatkan sensor tersebut untuk menambahkan beberapa fitur baru pada iPhone 8. Salah satu di antaranya adalah: Menatap layar iPhone untuk mematikan notifikasi.

Seorang developer iOS dan MacOS yang terkenal, Guilherme Rambo menemukan kode class ‘TLAttentionAwarenessObserver’ pada HomePod yang mengindikasikan bahwa ada kemungkinan fitur mensenyapkan notifikasi bakal disematkan pada iPhone 8. Memang belum pasti bahwa iPhone 8 akan memiliki fitur tersebut, tapi dengan adanya kode tersebut pada firmware, maka kemungkinannya cukup besar.

Skenario penggunaannya adalah seperti ini: Kamera akan mendeteksi wajah dengan menggunakan depth sensor dari iPhone 8, menunjukkan bahwa pengguna tengah memperhatikan layar. Dengan demikian, iPhone mendeteksi perhatian pengguna, lalu dapat secara otomatis mematikan notifikasi, karena tak lagi relevan membunyikan notifikasi jika pengguna sudah menatap layar dan membacanya.

Sebenarnya trik semacam ini sudah digunakan di ZTE Hawkeye dan dimanfaatkan untuk membaca berita atau thread hanya dengan gerakan mata. Pendekatan Apple terhadap fitur eye tracking ini tentu saja akan memungkinkan hadirnya berbagai fitur lain di iPhone 8.

Apakah fitur semacam ini akan turut menunjang penggunaan sehari-hari yang kamu lakukan? Berikan pendapatmu tentang hal ini di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

I'm into introversion.. Totally!..