Home Mac Cara Menggunakan Fitur Clipboard Manager di Unclutter

Cara Menggunakan Fitur Clipboard Manager di Unclutter

Cara Menggunakan Fitur Clipboard Manager di Unclutter

Suka melakukan copy paste? Bukan cuma copy paste teks antar dokumen saja, namun juga beragam file seperti file gambar, video, dan juga audio? Kamu wajib menggunakan fitur clipboard manager.

Tentu saja menggunakan clipboard bawaan Mac OS X atau macOS tidak akan bisa memenuhi kebutuhan kamu. Pasalnya, kamu hanya bisa menyalin satu file atau objek saja dalam satu kali copy.

Ketika kamu melakukan copy lain, maka objek yang ada di dalam clipboard bawaan tersebut juga akan hilang dan diganti yang baru. Alhasil, jika ingin melakukan copy paste file yang sebelumnya, kamu harus mengulangi langkah copy dan paste dari awal.

Baca Juga:

Untungnya ada Unclutter, salah satu aplikasi wajib yang bisa meningkatkan produktivitasmu dalam menggunakan Mac dan MacBook. Salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah fitur clipbaord manager.

Kamu bisa melakukan copy paste file apapun, entah itu gambar, video, audio, atau bahkan cuma sekedar teks sekalipun. Hanya saja, clipboard ini menyediakan history sehingga kita bisa menggunakan semua file yang kita copy tersebut berulang-ulang.

Tidak perlu masuk ke direktori lokasi file tersebut, cukup masuk saja ke history atau riwayat copy yang ada di dalam clipboard history. Kamu tinggal gunakan saja semua yang pernah ada.

Cara menggunakan fitur clipboard manager ini juga sangat mudah. tentu saja yang harus kamu lakukan pertama kali adalah melakukan install aplikasi Unclutter ke Mac atau MacBook dulu.

Cara Menggunakan Fitur Clipboard Manager di Unclutter

Aplikasi ini kompatibel untuk semua perangkat Mac OS X lawas atau juga macOS terbaru. Kamu bisa download gratis di situs resmi Unclutter. Versi penuhnya bisa kamu beli langsung di App Store.

Setelah kamu install, lakukan saja proses copy seperti biasa. Kamu bisa copy apa saja. Maka semua hal yang kamu copy akan masuk ke clipboard dan kamu tinggal menggunakannya saja.

Kelebihan menggunakan clipboard manager ini sudah jelas, bisa menghemat waktu kamu jika kamu sering bekerja dengan melibatkan proses copy paste. Kamu tidak perlu masuk ke lokasi file untuk melakukan copy berulang-ulang. Cukup gunakan clipboard manager saja.

Bagaimana? Sudah coba clipboard manager ini?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode