Home Editorial Pilih MacBook Air atau New MacBook?

Pilih MacBook Air atau New MacBook?

Pilih MacBook Air atau New MacBook?

Memilih laptop memang gampang gampang susah, apalagi memilih komputer laptop buatan Apple. Gampang karena komputer Apple sangat sedikit variannya. Namun juga susah karena banyak yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah harga. Setelah membuat perbandingan iMac dan MacBook Pro Retina Display, kali ini kita akan membahas pilihan laptop Apple antara MacBook Air dengan New MacBook.

Jika kita ingin membeli laptop, sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali pilihan laptop yang bisa kita pilih. Namun jika berbicara mengenai laptop keluaran Apple, kita punya beberapa pilihan. Karena alasan kepraktisan, fungsi, dan portabilitas kita fokus saja pada dua produk yaitu MacBook Air dan New MacBook.

Layar

MacBook Air hadir dengan dua pilihan layar. Yaitu ukuran 11” dan 13”. Untuk New MacBook sendiri hanya menyediakan layar ukuran 12”. Namun untuk masalah kualitas layar, New MacBook sudah mendukung resolusi tinggi karena sudah menggunakan teknologi Retina Display, sedangkan MacBook Air masih belum menggunakan Retina Display. Meskipun begitu, sebenarnya layar MacBook Air tidak terlalu buruk kok. Resolusinya adalah 1440×900 lebih dari cukup dan sedikit lebih baik dari resolusi laptop kebanyakan yang hanya sekitar 1366×768.

Jadi, jika kamu ingin layar yang lebih bagus, tentu saja kamu harus memilih New MacBook karena layarnya sudah berkualitas tinggi dan mendukung teknologi Retina Display. Jika masalah resolusi bukan masalah besar, maka tidak ada masalah jika kamu memilih MacBook Air, apalagi MacBook Air punya pilihan layar yang lebih besar yaitu 13.3” dibandingkan dengan New MacBook yang hanya 12”.

Hardware

Hardware MacBook Air terbilang lebih lengkap dibandingkan dengan New MacBook. Dukungan port yang ada di MacBook Air adalah dua Full-USB 3.0, sebuah Thunderbolt, card reader. Sedangkan New MacBook – secara mengejutkan – hanya menyediakan satu  buah port, dan itu juga USB Type C. Satu port yang hanya bisa digunakan untuk satu buah kegiatan. Kamu tidak akan bisa menancapkan flashdisk USB standar, dan kamu perlu berbagai peralatan dengan USB Type C. Meskipun kamu punya flashdisk dengan sambungan USB Type C, kamu tidak akan pernah bisa menancapkannya sambil mengisi baterai. Karena satu port hanya bisa digunakan untuk satu kegiatan, kamu perlu adaptor untuk melakukan lebih banyak kegiatan.

Performa

Performa MacBook Air memang tidak terlalu istimewa. Dengan “hanya” Intel Core i5, RAM 8GB (4GB untuk model 11”), dan Intel HD 6000 sebenarnya sudah cukup untuk menunjang kegiatan ringan seperti email, browsing, mengedit dokumen, membuat presentasi, hingga mengembangkan / developing aplikasi iOS dan Android. Namun jika kamu perlu kinerja yang lebih tinggi, kamu perlu MacBook Pro Retina Display. Ketahanan baterai MacBook Air juga lebih unggul, hingga 12 jam penggunaan normal.

New MacBook mengusung Intel Core m, RAM 8GB, dan Intel HD Graphic yang secara teori sudah cukup bagus performanya meskipun masih kalah dengan seri Intel Core i. Penggunaan Intel Core m dipilih karena berukuran kecil dan hemat daya namun tetap memiliki performa yang bagus. Hasil benchmark menunjukkan bahwa MacBook Air lebih baik dalam hal kinerja meskipun sebenarnya tidak terlalu jauh perbedaannya dengan New MacBook.

Harga  

MacBook Air paling murah bisa kamu dapatkan mulai dari 12 jutaan dan paling mahal sekitar 20 jutaan. Sedangkan New MacBook bisa mulai dari 17 jutaan hingga lebih dari 20 jutaan. Untuk harga bisa kamu cek di berbagai toko online karena beberapa toko bisa saja memberikan harga yang berbeda, dan mungkin bisa dapat diskon :D. Mahal juga ya si New MacBook ini.

Jika harus memilih, saya tentu akan memilih MacBook Air dibandingkan dengan New MacBook karena performa yang lebih baik, port yang lebih banyak, dan harga yang lebih murah. Namun jika kamu lebih suka laptop yang lebih tipis, model keren, dan layar yang berkualitas tinggi tentu saja kamu bisa memilih New MacBook.

Nah, kalau kamu pilih yang mana?

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong