Home Review Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Apple Maps adalah peta buatan Apple yang secara eksklusif hanya hadir di perangkat-perangkat buatan Apple saja. Sebelum muncul Apple Maps, iPhone menggunakan Google Maps. Tidak heran jika saat pertama kali menggunakan Apple Maps, banyak pengguna yang kecewa. Google Maps masih terlalu baik untuk disingkirkan.

Namun sekarang, semua sudah berubah. Apple Maps sudah jauh lebih baik. Bahkan penggunaannya sudah sangat terintegrasi dengan iOS sehingga mau tidak mau pengguna akan menggunakan Apple Maps untuk penggunaan peta dalam aplikasi. Secara kualitas, Apple Maps sudah sangat baik. Namun hal itu hanya terjadi di US dan beberapa negara saja. Nah, bagaimana dengan di Indonesia?

Dukungan TomTom

Meskipun Apple Maps adalah aplikasi peta buatan Apple, namun Apple membutuhkan bantuan pihak ketiga dalam hal suplai data peta digital. Apple memilih untuk bekerja sama dengan TomTom sebagai pemasok data peta digital mereka. Berbeda dengan Google Maps dan Nokia Maps (sekarang HERE Maps) yang menggunakan sumber data mereka dari basis data buatan masing-masing. Hal ini masih termasuk legal, dan memang wajar mengingat Apple memang belum terlalu berpengalaman dalam hal pemetaan digital sehingga butuh bantuan pihak ketiga. Kasus ini juga sama seperti Bing Maps maupun Windows Maps yang menggunakan data peta milik Nokia.

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Data yang diberikan TomTom kepada Apple hanya data mentah saja. Artinya, dia hanya sebagai data yang masih belum bisa dipakai pengguna. Apple diperbolehkan untuk memodifikasi data secara wajar seperti tampilan jalan, warna peta, dan lain lain. Itulah kenapa nama-nama jalan serta informasi peta sangat mirip dengan peta milik TomTom meskipun menggunakan aplikasi yang berbeda.

TomTom sangat terkenal sebagai aplikasi navigasi tradisional di mobil. Namun, penggunaan TomTom hanya populer di Amerika, Eropa, dan beberapa negara saja. TomTom tidak terlalu populer di Indonesia. Jadi, kamu tidak akan mendapati berbagai informasi peta Indonesia sebagus Google Maps maupun HERE Maps. Untuk informasi peta Amerika dan Eropa sepertinya hampir tidak ada perbedaan yang berarti antara Google, HERE, dan TomTom. TomTom lebih banyak digunakan di sistem navigasi tradisional mobil dan sekarang dipakai sebagai data Apple Maps.

Dukungan Yelp, TripAdvisor dan Booking.com, Foursquare

Informasi Apple Maps masih kurang? Sangat wajar sih sebenarnya. Kamu tidak akan bisa menemukan banyak informasi mengenai restoran, hotel, dan tempat-tempat bisnis lainnya. Mengapa? Karena Apple Maps masih mengandalkan data Yelp. Data Yelp sangat bagus jika digunakan di Amerika. Untuk negara-negara seperti Indonesia, data Yelp masih sangat kurang. Buktinya, saya masih tidak bisa menemukan restoran apapun saat saya pertama kali punya iPhone.

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Namun jangan terlalu khawatir, Apple sekarang sudah menambahkan data mereka. Apple bekerja sama dengan banyak sekali perusahaan penyedia data pemetaan. Tidak tanggung-tanggung, pemasok data seperti TripAdvisor, Booking.com, hingga Foursquare sudah terintegrasi dengan Apple Maps. Coba kamu bandingkan dengan Apple Maps yang sekarang, kamu bisa mencari restoran, hotel, rumah sakit, kedai kopi, bahkan beberapa warung kecil yang kurang terkenal.

Pencarian Bisnis Lokal

Pencarian lokal ini adalah gabungan dari data peta dengan aplikasi peta. Aplikasi Apple Maps sudah mendukung pencarian bisnis lokal yang bisa membantu kamu mencari berbagai lokasi sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mencari restoran, tempat pengisian bahan bakar, tempat wisata, bank, mal, dan lain-lain. Cukup ketuk pencarian dan lihat hasilnya.

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Pencarian bisnis ini juga sangat bermanfaat jika kamu suka menggunakan Siri untuk mencari berbagai lokasi. Misalnya mencari restoran terdekat atau stasiun pengisian bahan bakar terdekat. Cukup tanya ke Siri melalui suara dan biarkan Siri bekerja sesuai dengan data yang tersedia.

Navigasi

Apple Maps sejauh ini masih belum mempunyai fitur navigasi suara belokan demi belokan. Fitur ini sudah ada di HERE Maps dan Google Maps. Namun untuk navigasi biasa, Apple Maps sudah mendukungnya. Kualitasnya dalam penunjuk arah juga bisa dibilang tidak terlalu berbeda dengan aplikasi Google Maps maupun HERE Maps. Jadi Apple Maps bisa diandalkan dalam hal navigasi meskipun belum mendukung navigasi suara.

Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Apple Maps sudah jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali diluncurkan. Namun penggunaannya di Indonesia masih belum maksimal. Belum ada fitur 3D Building, Lalu lintas, dan lain-lain.

Bagaimana menurutmu? Apakah Apple Maps sudah cukup bagus?

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong