Home Editorial Pilih iMac Retina Display atau MacBook Pro Retina Display?

Pilih iMac Retina Display atau MacBook Pro Retina Display?

Pilih iMac Retina Display atau MacBook Pro Retina Display?

Ingin punya komputer yang powerful? Kamu bisa membeli berbagai jenis dan merek PC yang tersedia di pasaran. Namun jika kamu ingin memiliki komputer Mac yang punya kemampuan tinggi, maka kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Mengingat harga dan kapabilitas menjadi pertimbangan, maka kami hanya akan menyarankan dua pilihan yaitu iMac dan MacBook Pro Retina.

iMac adalah produk komputer desktop buatan Apple, sedangkan MacBook Pro Retina adalah produk komputer laptop buatan Apple. Kedua produk ini menonjolkan sisi kemampuan dalam hal performa, karena memang kedua produk ini didesain untuk pengguna yang membutuhkan kerja berat. Namun dengan berbagai pertimbangan, lebih baik kamu membeli yang mana?

Hardware

iMac dan MacBook punya hardware yang cenderung berbeda. Hal ini sangat wajar mengingat kedua produk tersebut merupakan dua produk untuk pengguna dan pasar yang berbeda. iMac ditujukan untuk pengguna komputer desktop sedangkan MacBook Pro ditujukan untuk pengguna laptop.

Hardware iMac terbilang cukup lengkap. Mulai dari Ethernet, USB, ThunderBolt, dan lain-lain. iMac juga sudah dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Jadi kalau kamu beli iMac, kamu sudah mendapatkan semuanya. Mulai dari layar monitor, CPU, keyboard, hingga mouse.

MacBook Pro juga tidak kalah bagus hardwarenya. Sebagai sebuah laptop, tentu saja sudah dilengkapi dengan keyboard dan trackpad. Tentu saja kamu nggak perlu beli keyboard dan mouse hehehee.. Untuk portnya sendiri MacBook Pro Retina kalah sama iMac. Hal ini wajar mengingat MacBook Pro didesain agar powerful namun tetap ringkas.

Layar

iMac hadir dengan tiga model layar, yaitu model 21.5” , 21.5” Retina Display, dan 27” Retina Display. Model 21.5” adalah model lawas yang masih mengandalkan layar yang bisa dibilang tidak terlalu mewah.  Model baru dari 21.5” adalah sudah mendukung resolusi Retina Display. Sedangkan model 27” sudah mendukung Retina Display sejak beberapa tahun belakangan. Kualitas layar Retina Display sebenarnya tidak terlalu berbeda antara model 21.5” dengan 27”. Ukuran layar adalah faktor yang lebih ditentukan oleh preferensi seseorang.

MacBook Pro Retina hadir dalam dua model layar, yaitu 13.3” dan 15”. Semuanya sudah mendukung Retina Display dengan kepadatan piksel yang sangat tinggi. Sebenarnya secara kualitas layar nggak jauh berbeda kok selama sudah berlabel “Retina Display”. Kamu nggak akan melihat lagi titik titik piksel di layar. Hanya sekarang adalah masalah preferensi. Kamu suka layar gede apa layar kecil?

Performa

Dalam urusan performa, iMac adalah rajanya. Spesifikasi tertinggi iMac adalah model 27”. Prosesor Intel Core  i5 Quad core, RAM 8GB (upgradable), dan Grafis AMD Radeon R9 membuatnya punya spesifikasi yang sangat tinggi. Model paling rendah “hanya” Intel Core i5 Qaud core 2.8 Ghz , RAM 8GB, dan Intel Iris Pro Graphic sepertinya sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan harianmu.

MacBook Pro Retina juga punya performa yang nggak kalah keren. Mulai dari Intel Core i5 Dual core 2.7Ghz, RAM 8 GB, dan Intel Iris Graphic juga sudah cukup memenuhi kebutuhan harianmu. Atau model 15” yang bisa menggunakan Intel Core i7, RAM 16GB, dan AMD Radeon membuatnya menjadi sangat powerful untuk mengerjakan tugas-tugas berat.

Portabilitas

Untuk masalah portabilitas, tentu saja MacBook Pro Retina menang telak. MacBook Pro Retina tentu saja jauh lebih portabel karena ia adalah laptop yang bisa dibawa ke mana-mana. Berbeda dengan iMac yang hanya bisa digunakan di rumah, d kantor, atau di tempat-tempat tertentu saja yang hampir tidak mungkin dipindah-pindah, dan tentu saja harus selalu ada sumber listrik yang cukup.

Meskipun iMac kurang portabel (ya iya lah), namun iMac masih jauh lebih baik dibandingkan dengan PC pada umumnya. Paket pembelian iMac sudah mencakup Keyboard, Mouse, Kabel daya, Lightning to USB, dan tentu saja komputer iMac yang sudah termasuk OS X, Layar Retina, dan CPU beserta semua portnya. iMac jauh lebih sederhana, lebih hemat ruang, lebih hemat kabel, dan lebih praktis dibandingkan membeli PC pada umumnya, apalagi PC rakitan.

Harga

Untuk harga, iMac menawarkan harga yang relatif lebih murah. Versi 21.5” Retina Display dihargai 22Jt dan versi non Retina Display bisa lebih murah lagi. Versi 27” bisa mencapai 30 juta, namun bisa juga “hanya” sekitar 27 jutaan. Untuk MacBook Pro Retina sendiri dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Versi MacBook Pro Retina 13” dijual mulai dari 21 juta hingga 27 Jutaan. Versi 15” bisa dijual lebih dari 30 jutaan. Wah mahal juga ya?

iMac dan MacBook Pro tentu menawarkan hal yang berbeda. Jika kamu lebih suka bekerja di rumah, performa kuat, simple, dan penyimpanan besar maka kamu cocok memilih iMac. Jika kamu lebih suka laptop dengan performa bagus dan hemat baterai, pilih MacBook Pro Retina. MacBook Pro Retina tentu saja menjadi pilihan banyak orang karena selain lebih praktis juga memiliki performa yang setara dengan iMac. Namun layarnya yang lebih kecil dan harga yang lebih mahal bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih iMac.

Nah, kalau kamu suka bekerja dengan berbagai pekerjaan berat, kamu pilih mana?

 

 

  Cara Upgrade iPhone ke iOS 11 Final  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong