Home Basic Penyebab Touchscreen iPhone 6 Sering Bergerak Sendiri

Penyebab Touchscreen iPhone 6 Sering Bergerak Sendiri

Penyebab Touchscreen iPhone 6 Sering Bergerak Sendiri

Beberapa iPhone kadang memiliki masalah isu layar sentuh atau touchscreen, mulai dari macet dan tidak bisa bergerak, atau malah layar bergerak-gerak sendiri atau yang lebih dikenal dengan error ghost touch.

Beberapa tahun yang lalu, ada kasus Touch Disease yang menyebabkan munculnya garis abu-abu di atas touchscreen iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kabarnya banyak pengguna di seluruh dunia mengalami masalah ini.

Selain itu, layar juga sering bergerak sendiri. Masalah ghost touch ini akan hilang sesaat namun malah dilanjutkan dengan layar iPhone yang tidak bisa bergerak beberapa saat kemudian.

Apple memang menyadari masalah Touch Disease berdasarkan keluhan pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple tidak menganggapnya sebagai isu dan juga tidak memberikan solusi jika iPhone sudah tidak dalam masa garansi.

Uniknya, Touch Disease tidak disebabkan oleh masalah layar sentuh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Jadi meskipun sudah ganti layar sentuh tidak akan memperbaiki masalah tersebut karena bisa kambuh lagi.

Menurut iFixit, masalah tersebut adalah karena adanya chip controller atau chip Touch IC yang bermasalah di dalam logic board. Jadi jika ingin masalah touchscreen ini selesai, kamu harus mengganti komponen yang satu ini.

Jika kamu mengalami masalah ghost touch yang menyebabkan layar iPhone bergerak sendiri atau bahkan touchscreen macet dan tidak bisa berfungsi maka sebaiknya langsung bawa ke service center.

Namun kamu juga bisa berusaha untuk memperbaikinya sendiri dengan beberapa cara berikut ini. Siapa tahu berhasil kan? Baca6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena masalah Touch Disease yang sama ketika iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pertama kali dirilis. Jika iPhone masih dalam masa garansi, kamu bisa mendapatkan penggantian unit baru.

Bagaimana? Kamu kena masalah ini juga di iPhone kamu?

via iFixit

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode