Home Basic 6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Layar sentuh atau touchscreen iPhone tidak berfungsi sebagai mana mestinya seperti terlalu sensitif dan suka bergerak sendiri? Kadang ada beberapa iPhone yang mengalami masalah touchscreen yang tidak responsif seperti itu.

Penyebab masalah tersebut bisa ada beberapa sebab. Pertama adalah masalah software dan yang kedua adalah masalah hardware. Jika penyebabnya adalah masalah software, maka cara memperbaikinya sangat mudah.

Berbeda jika memang ada kerusakan hardware, proses perbaikan tentu harus melibatkan penggantian komponen di dalam iPhone yang tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan orang.

Namun kamu tetap masih bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi dan memperbaiki touchscreen iPhone yang tidak responsif.

 

Update / Downgrade iOS

Bisa jadi penyebab layar iPhone yang tidak responsif tersebut adalah karena iOS di iPhone kamu. Jika masalah terjadi setelah update iOS, maka kamu harus melakukan proses downgrade iOS.

Jika proses downgrade sudah ditutup oleh Apple, mau tidak mau kamu harus menunggu update iOS selanjutnya. Kamu bisa baca-baca beragam forum online untuk melihat apakah ada pengguna lain yang mengalami masalah yang sama.

 

Restart

Mematikan dan menyalakan iPhone kembali tentu saja bisa kamu coba. Prosesnya juga sangat mudah. Tekan dan tahan tombol power hingga ada perintah slide untuk mematikan, tunggu beberapa menit, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power.

6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Restart iPhone akan mematikan seluruh sistem iOS di dalam iPhone lalu menyalakannya lagi. Secara normal, restart bisa memperbaiki beragam kesalahan dan error kecil di sistem operasi. Bisa jadi masalah touchscreen yang tidak responsif juga ikut hilang.

 

Matikan Semalaman

Jika proses restart masih tidak bisa menyelesaikan masalah, kamu bisa coba untuk mematikan iPhone semalaman. Pastikan selama iPhone mati, kamu tidak melakukan apapun terhadap iPhone kamu. Biarkan saja.

Dengan mematikan iPhone dengan durasi yang cukup lama akan membuat beberapa komponen di iPhone beristirahat untuk sementara. Meskipun kemungkinannya kecil, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

 

Reset

Melakukan reset iOS akan membuat seluruh iOS akan diatur ulang seperti baru lagi. Harusnya beragam bug dan masalah juga akan hilang setelah proses reset iPhone sudah selesai.

6 Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Responsif

Untuk lebih lengkapnya tentang cara reset iPhone, kamu bisa baca tutorial lengkap di artikel berikut ini. Baca: Tutorial Lengkap Cara Reset iPhone dan iPad.

 

Restore

Proses restore juga menghasilkan efek yang sama dengan reset. Bedanya, restore akan melibatkan proses download iOS dari server Apple lalu melakukan install ulang ke iPhone atau iPad kamu.

Untuk melakukan restore iPhone atau iPad, pastikan kamu sudah memiliki iTunes di komputer kamu. Baca selengkapnya di sini. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad Menggunakan iTunes.

 

Kerusakan Hardware? Bawa ke Service Center

Jika kerusakan memang murni di komponen dalam iPhone, maka tidak ada cara lain selain harus membongkar dan mengganti komponen tersebut. Kamu bisa mencari service center iPhone di Indonesia dengan cara ini. Baca: Cara Mencari Service Center iPhone di Indonesia.

Bagaimana? Masalah kamu sudah beres atau touchscreen iPhone masih suka bergerak sendiri?

Share pengalamanmu di kolom komentar ya 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong